Kesehatan Usus Besar Juga Harus Dijaga

DokterSehat.Com – Usus besar adalah salah satu organ pencernaan yang harus tetap dijaga kesehatannya agar bisa berfungsi dengan baik dalam menyerap makanan. Anda tentu bisa membayangkan jika usus besar mengalami masalah layaknya luka yang bisa menyebabkannya tidak mampu menyerap makanan. Perut pun akan mengalami rasa sakit dan bahkan bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Menjaga kesehatan usus besar sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan seringkali berkaitan dengan merubah gaya hidup yang jauh lebih baik. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan usus besar.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Konsumsilah makanan dan minuman yang lebih sehat dan lebih bergizi. Makanan yang berserat akan sangat baik bagi kesehatan usus besar. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat larut maupun serat yang tak larut layaknya sayur-sayuran dan produk-produk gandum, maka gerakan usus pun bisa menjadi jauh lebih lancar dan bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar juga. Selain itu, pastikan bahwa kita meminum air putih dengan jumlah yang banyak. Ingat, air putih jauh lebih sehat dan lebih baik karena akan secara alami membantu menetralisir racun sekaligus membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar. Banyak meminum air putih berarti menjaga usus besar tetap sehat.

Banyak sekali masalah kesehatan usus besar yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol. Kandungan alkohol akan menyebabkan masalah dehidrasi dan pergerakan usus melambat. Konstraksi usus yang disebabkan alkohol akan membuat usus tak bekerja maksimal. Selain alkohol, minuman berkafein jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menyerap kandungan air pada tubuh dan membuat kotoran pun lebih kering dan lebih keras yang tentu mengganggu kesehatan usus besar.

Selain asupan makanan dan minuman, kita juga bisa menjaga kesehatan usus besar dengan cara melakukan olahraga yang teratur dan rutin. Olahraga rutin diyakini akan mencegah konstipasi yang disebabkan oleh tumpukan kotoran yang menumpuk pada usus. Dengan olahraga rutin, usus akan bergerak dan mengeluarkan kotoran dan sisa pencernaan tersebut sehingga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan akan terjaga dengan baik.