Kesehatan Tubuh Beresiko Berkurang Karena Gaya Hidup Modern

DokterSehat.Com – Gaya hidup modern sering dianggap sebagai salah satu penyebab mengapa banyak orang kini mengidap penyakit berbahaya. Disamping karena pola makan yang buruk, masyarakat modern juga cenderung semakin mudah mendapatkan stress dan juga mengalami kekurangan waktu istirahat sehingga tubuh pun rentan terserang berbagai macam penyakit. Selain faktor kebiasaan dan perilaku sehari-hari, masyarakat modern yang cenderung ingin tampil sebaik mungkin di depan umum ternyata juga bisa mengorbankan kesehatan demi penampilan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rol-hairdryer

Banyak sekali trend mode yang digemari masyarakat modern namun justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan tanpa disadari. Sebagai contoh, kini baik pria maupun wanita sangat menyukai celana ketat yang terasa modis dan pas jika dipakai. Celana ketat ternyata bisa memberikan masalah bagi kesehatan, khususnya bagi peredaran darah dan juga syaraf. Peredaran darah tentu saja akan menjadi kurang lancar dan bahkan dalam beberapa kasus, penggunaan celana ketat dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki dan menyebabkan kaki mati rasa.

Sepatu hak tinggi yang memberikan efek seksi bagi kaum hawa juga sudah banyak dikritik pakar kesehatan sebagai trend mode yang sangat buruk bagi tubuh. Disamping memberikan rasa nyeri dan resiko lebih besar mengalami cedera, sepatu hak tinggi juga berpotensi membuat posisi kaki, khususnya pada pergelangan kaki mengalami pergeseran posisi yang memicu perubahan pada tulang belakang. Sepatu hak tinggi juga sangat berbahaya bagi kesehatan kandungan ibu hamil. Beberapa trend terbaru layaknya tindik dan tato yang kini sedang digemari masyarakat juga bisa memberikan masalah berupa resiko yang lebih besar mendapatkan infeksi pada tubuh. Disamping itu, rambut yang sering sekali diberi pewarnaan, dicatok, atau bahkan dikeriting juga akan berpotensi membuat rambut menjadi rusak.

Baca Juga:  Pengunaan Jamu Sebagai Usaha Promotif dan Preventif

Tidak ada yang salah dengan mengikuti trend mode terkini demi mendapatkan penampilan yang bagus. Hanya saja, kita tentu harus melihat ke kondisi fisik kita sendiri apakah hal ini akan berbahaya bagi kesehatan atau tidak. Ada baiknya kita menyiasati mode dengan memakai pakaian atau aksesoris yang tidak mengganggu kesehatan tubuh sehingga tubuh kita pun terbebas dari resiko mendapatkan berbagai macam penyakit.