Kesehatan Sperma Yang Buruk Bisa Membuat Kehamilan Tak Kunjung Tiba

DokterSehat.Com – Tahukah anda, masalah ketidaksuburan pada pasangan suami istri ternyata memiliki rasio yang cukup tinggi di Indonesia, yakni sekitar 10 hingga 15 persen dari semua pasangan suami istri di tanah air. Tingginya rasio ini tentu akan membuat orang merasa khawatir jika nantinya mereka tidak memiliki keturunan. Terdapat banyak sekali penyebab mengapa ketidaksuburan bisa menyerang. Selain karena adanya masalah kesehatan pada kaum wanita, penyebab ketidaksuburan bisa jadi juga berasal dari kaum pria, khususnya yang memiliki sperma yang tidak sehat.

shutterstock_123819496 copy

Alih-alih berpikir tentang kondisi kesehatan seksualitas pria, masyarakat Indonesia justru lebih sering menuding kondisi kesehatan organ vital wanita sebagai biang keladi ketidaksuburan ini. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika sperma pria tidak sehat, maka kondisi ini bisa menyumbang masalah ketidaksuburan hingga rasio 35 persen. Masalahnya adalah, banyak pria yang justru menolak untuk diperiksa karena berpikir jika asalkan mereka bisa mendapatkan ejakulasi, maka kesehatan seksualitas mereka masih dalam kondisi yang baik.

Pakar kesehatan menyebutkan jika sebuah pasangan suami istri tidak kunjung mendapatkan keturunan setelah melewati satu tahun pernikahan, maka kedua belah pihak harus mau memeriksakan kondisi kesehatan organ vitalnya. Sebulan setelah tanggal pernikahan, pasangan akan memiliki rasio mendapatkan kehamilan hingga 30 persen. Setelah itu, rasio ini akan terus menurun dan jika melewati satu tahun, rasionya bahkan bisa mencapai 3 persen saja.

Pria yang mengalami masalah kesehatan sperma biasanya akan memiliki sperma dengan jumlah yang sedikit, gerakan sperma yang lamban dan bentuk sperma yang cenderung tidak sempurna akan membuat sperma gagal mencapai indung telur. Selain itu sperma yang cenderung encer juga bisa menyebabkan pasangan sulit mendapatkan kehamilan. Jika pria benar mengalami masalah ini, maka ada baiknya mereka berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi yang akan membantu pria mendapatkan kesehatan spermanya kembali.