Kesehatan Mulut dan Gigi pada Anak

DokterSehat.Com – Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut anak. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak-anak yang masih balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap si anak.



Tips dan triks

Beberapa tips dan triks yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak, yaitu :

  1. Kumur
    Rajin kumur menggunakan obat kumur yang mengandung desinfektan agar plak dan bakteri yang biasa tumbuh pada sela gigi menjadi lebih mudah diatasi.
  1. Bersihkan gigi
    Rajin membersihkan gigi dari sisa makanan atau minuman yang rawan menimbulkan plak gigi dengan menggunakan sikat gigi atau benang flossing. Gunakan juga pasta gigi yang dapat digunakan untuk mempermudah pembersihan plak.
  1. Makanan manis dan lengket
    Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lengket karena rawan menimbulkan perlekatan pada permukaan atau sela gigi.
  1. Vitamin C
    Perbanyak konsumsi vitamin C untuk mencegah terjadinya radang gusi atau perdarahan pada gusi. Vitamin C juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya stomatitis atau sariawan pada bibir dan langit-langit mulut.

manfaat dan kegunaan

Beberapa manfaat dan kegunaan menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak, yaitu :

  1. Gangguan penyakit
    Berbagai jenis gangguan atau penyakit pada gigi seperti gingivitis, periodontitis atau keropos gigi bisa dicegah. Sebagaimana diketahui berbagai jenis gangguan kesehatan pada mulut dan gigi seringkali disertai dengan rasa nyeri, pembengkakan hingga perdarahan.
  1. Estetika
    Terjadinya pertumbuhan gigi yang tidak rata, gigi yang berwarna kekuningan atau bahkan gigi yang tanggal dapat mengganggu nilai estetika atau kecantikan wajah.
  1. Gangguan makan
    Terganggunya kesehatan mulut dan gigi secara tidak langsung berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya gangguan makan. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan pada akhirnya akan mempengaruhi gangguan kesehatan secara global.
Baca Juga:  Obat Kumur Beralkohol Amankah Digunakan?

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak. Semoga bermanfaat.