Kesehatan Mental Bisa Terganggu Jika Gaya Hidup Kita Kurang Sehat

DokterSehat.Com – Dalam menjaga kesehatan tubuh, kita seringkali lebih mementingkan kesehatan secara fisik jika dibandingkan dengan kesehatan mental. Memang, jika kita menjaga kesehatan tubuh dengan baik, maka kita pun akan terbebas dari berbagai penyakit berbahaya. Hanya saja, jika kita tidak mampu menjaga kesehatan mental, tanpa kita sadari kesehatan fisik juga akan terpengaruh sehingga menjadi semakin memburuk. Padahal, kita cukup sering melakukan gaya hidup tidak sehat yang bisa mempengaruhi kesehatan mental seperti sebagai berikut.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-hipoglikemia-jet-lag

Kebiasaan tidak sehat pertama dan cenderung dilakukan oleh banyak orang modern adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang tidak cukup. Dengan alasan melihat acara televisi atau bahkan bermain dengan gadget, kita seringkali mulai beranjak tidur pada jam yang sudah sangat larut. Dengan waktu tidur yang kurang, maka tubuh pun tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan semua sistem pada tubuh pun tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Kurang tidur juga akan mempengaruhi kesehatan mental dan bisa memicu stress.

Kebiasaan berikutnya yang kurang sehat adalah dengan menjadi seorang workaholic atau gila kerja. Memang, beberapa orang merelakan waktunya untuk bekerja hingga larut malam karena memiliki ambisi untuk sukses. Sayangnya, ambisi yang berlebihan ini ternyata bisa membuat anda tidak memperhatikan kesehatan dan melakukan gaya hidup tidak sehat. Seorang worcaholic akan cenderung kurang istirahat, tidak menerapkan pola makan yang sehat, dan jarang bersantai. Kombinasi hal-hal ini akan membuat kita akan mudah terkena stress parah.

Meskipun terlihat sepele, hidup secara monoton ternyata juga bisa membuat kerusakan pada psikologis seseorang. Tidur malam, bekerja, kemudian tidur lagi; banyak orang yang melakukan kegiatan ini berhari-hari dan saat akhir pekan, Ia justru tidak mendapatkan waktu untuk bersantai atau menyegarkan pikirannya. Kehidupan monoton ini akan bisa membuat munculnya rasa bosan dan pada akhirnya bisa memicu stress dan gangguan psikologis lainnya.

Baca Juga:  Kesehatan Tubuh Beresiko Berkurang Karena Gaya Hidup Modern

Untuk menjaga kesehatan psikologis, kita pun harus pandai-pandai menyempatkan waktu untuk bersantai, beristirahat, sekaligus menyegarkan pikiran kita. Jika diperlukan, cobalah untuk melakukan yoga, meditasi, atau sekadar mendengarkan musik kesukaan yang bisa membuat kesehatan mental tetap terjaga.