Kesehatan Kulit Memburuk? Awas Bahaya Diabetes

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat tanah air adalah diabetes. Selain bisa memicu kematian, penyakit ini juga bisa membuat kualitas kehidupan seseorang menurunka drastis, apalagi jika diabetes sudah mencapai tahapan komplikasi. Diabetes sendiri disebabkan oleh kenaikan gula darah dan kurang efektifnya kinerja insulin di dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh pun menurun dengan signifikan. Yang mengerikan dari penyakit ini adalah seringkali tidak memberikan gejala apa-apa dan tiba-tiba sudah dalam kondisi yang parah. Namun, diabetes ternyata bisa dideteksi jika kita mau memperhatikan kesehatan kulit kita.

doktersehat-sikut-sakit-merah-rash-alergi-herpes-zoster-dompo

Pakar kesehatan menyebutkan jika kulit yang kondisinya semakin tidak prima dan tidak terlihat bugar ternyata bisa jadi adalah tanda-tanda awal dari penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan jika insulin di dalam tubuh tidak lagi bekerja dengan benar, maka aliran darah pun akan ikut terganggu. Padahal, sebagaimana kita ketahui, aliran darah yang lancar adalah salah satu kunci kesehatan kulit kita tetap terjaga. Hal ini berarti, jika kulit kita memunculkan banyak noda dan bintik hitam, atau bahkan meningkatnya keriput pada kulit tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ini adalah gejala awal dari diabetes.

Jika kita mengalami masalah kesehatan kulit, ada baiknya kita periksakan kondisi kita ke dokter untuk memastikan apakah kita terkena masalah diabetes atau tidak. Hal ini dikarenakan jika kita ternyata sudah terkena penyakit diabetes, kita tidak lagi bisa sembarangan dengan kulit kita. Andai terkena luka, kulit akan cenderung sulit untuk mengering dan sembuh mengingat sirkulasi darah dalam tubuh ikut memburuk. Selain itu, kepadatan tulang di dalam tubuh juga cenderung semakin menurun dan ada resiko terkena beberapa penyakit lain layaknya infeksi bakteri, penyakit jantung, atau bahkan serangan stroke yang dikenal sangat mematikan.