Kesehatan Gigi Yang Buruk Memicu Datangnya Penyakit Serius

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan mulut tampaknya sepele, Anda mungkin berpikir bahwa kesehatan mulut yang buruk hanya akan berakibat pada gigi keropos dan lainnya. Namun jangan salah, masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya.



Selain untuk mengunyah makanan, ternyata gigi bisa menjadi indikator kesehatan tubuh anda. Gigi yang sehat akan membuat tubuh secara keseluruhan juga ikut sehat. Begitu pula sebaliknya, apabila gigi tidak sehat, maka ada beberapa risiko kesehatan yang mengancam. Hal ini dikarenakan kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan tubuh hampir secara keseluruhan. Seperti apa keterkaitannya? Simak ulasan berikut ini :

  1. Stroke dan penyakit jantung
    Beberapa penelitian telah menunjukkan jika peradangan atau adanya bakteri di mulut dan gusi dapat terhubung dengan aliran darah. Hal ini akan menyebabkan penebalan arteri serta dapat meningkatkan risiko serangan jantung Adapun plak lemak yang terbangun di dalam dapat membuat pembuluh pecah sampai ke otak dan menyebabkan stroke. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan pada British Journal meneliti data sebanyak 11.000 orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang jarang menyikat gigi memiliki peningkatan risiko penyakit jantung sebanyak 70 persen dibandingkan dengan mereka yang rajin sikat gigi dua kali sehari.
  1. Diabetes
    Dokter sudah lama mengetahui jika penderita diabetes tipe 2 juga mengalami peningkatan risiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan gigi (periodental). Namun ternyata, mereka menemukan bahwa mencegah infeksi gusi adalah langkah awal untuk mencegah penyakit diabetes. Sebuah penelitian baru dari Columbia University yang melibatkan lebih dari 9000 peserta non-diabetes selama 20 tahun, menemukan bahwa mereka yang mempunyai penyakit periodental yang lebih tinggi, bersiko 2 kali terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang tingkat penyakit periodentalnya lebih rendah atau bahkan tidak mengalami infeksi gusi. Ada pendapat yang mengatakan jika infeksi mulut serius dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah pada tubuh. Peradangan ini dapat mengganggu tubuh dalam memproses gula.
  1. Infeksi pernapasan
    Sebuah studi baru yang dipublikasikan di Journal of Periodontology menunjukkan bahwa menjaga mulut agar selalu bersih dan sehat dapat membantu melindungi paru-paru. Penelitian yang melibatkan 200 peserta berusia 20 hingga 60 tahun itu menemukan jika pasien yang mempunyai penyakit pernafasan seperti bronkitis akut, pneumonia, dan infeksi saluran pernapasan atas, mempunyai kualitas kesehatan periodental yang lebih buruk daripada mereka yang tidak mempunyai penyakit pernafasan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri dari penyakit periodental yang ada pada tenggorokan bagian atas, yang kemudian akan mudah terhirup ke bagian saluran pernafasan bagian bawah. Hal tersebut dapat mengganggu pernafasan dan bahkan bisa berkembang menjadi masalah paru-paru yang serius.