Kesehatan Gigi Pada Lansia

DokterSehat.Com – Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat lansia, kondisi kesehatan memang harus mendapatkan perhatian yang lebih serius karena berbagai organ tubuh telah mengalami degeneratif, baik dalam fungsi ataupun keadaan jaringan penyusunnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila medical check up memang sebaiknya rutin dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kemungkinan serangan penyakit yang membahayakan, termasuk diantaranya kesehatan rongga mulut dan gigi.



Pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi pada lansia sebenarnya memiliki beberapa kegunaan dan manfaat bagi kaum lansia itu sendiri.

Apa sajakah kegunaan dan manfaatnya? Berikut beberapa kegunaan dan manfaat menjaga kesehatan mulut dan gigi pada lansia :

  • Optimalkan produksi enzym
    Menurut beberapa jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa terdapat beberapa enzym pencernaan makanan yang terdapat pada rongga mulut dan dikeluarkan oleh kelenjar ludah seperti enzym ptialin yang berguna untuk mengubah amilum menjadi maltosa dan digunakan sebagai sumber energi. Dengan optimalnya produksi enzym ini, keseimbangan metabolisme tubuh akan tetap terjaga.
  • Preventif
    Menurut salah seorang staff medis yang berdinas di sebuah rumah sakit swasta di Jawa Timur, diungkapkan bahwa hampir sebagian besar penyakit yang membahayakan seperti radang selaput otak, gangguan irama jantung hingga gangguan pendengaran dan penglihatan bisa diperparah akibat timbulnya infeksi atau peradangan pada gusi dan gigi. Belum lagi resiko komplikasi penyakit apabila penderita memiliki penyakit diabetes karena kuman dan bakteri yang masuk melalui sumber infeksi.
  • Pengunyahan
    Menjaga dan mempertahankan agar fungsi pengunyahan makanan tetap optimal selama masa lansia juga harus dipertimbangkan dengan baik. Terjagannya fungsi pengunyahan ini berguna agar kinerja organ pencernaan makanan yang lain seperti lambung dan usus juga tidak terlalu berat. Belum lagi nutrisi makanan yang dapat terserap secara efektif ketika pengolahan makanan dalam organ cerna berfungsi optimal.