Menjaga Kesehatan Anak Pasca Mudik Lebaran

doktersehat kesehatan anak saat mudik
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kondisi fisik anak-anak berbeda dengan orang tua. Anak lebih rentan terhadap sakit meski kondisi tubuhnya masih baik. Selain itu, anak juga mudah sekali mengalami capai saat melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi atau umum. Saat mudik, mereka akan rawan sekali capai begitu sampai kampung halaman.

Nah, agar anak tidak mudah sekali capai dan sakit setelah menuntaskan mudik di kampung halaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Beberapa hal itu akan membuat anak jadi semakin sehat dan kuat untuk menjalani Lebaran yang super sibuk dan arus balik yang sama capainya.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan anak setelah mudik dan sampai kampung halaman.

  1. Pastikan anak beristirahat dengan baik

Setelah melakukan perjalanan mudik yang cukup jauh dan panjang, Anak akan mengalami capai yang cukup besar. Meski demikian, namanya anak-anak pasti akan langsung aktif kembali dan mengesampingkan rasa capainya hingga dia tidak tahan dan akhirnya jatuh sakit saat momen Lebaran tiba.

Agar kondisi sakit pada anak tidak terjadi, pastikan mereka untuk selalu istirahat dengan nyaman. Minta mereka untuk lebih banyak tidur dahulu pada hari pertama sebelum akhirnya bergerak dengan bebas pada hari berikutnya. Kalau Anda melakukan hal ini anak akan kembali sehat dan siap untuk berlebaran.

  1. Perhatikan apa yang dimakan dan diminum

Salah satu penyebab terbesar dari anak sakit atau kondisinya menurun adalah apa yang diminum dan dimakan tidak sehat. Selama perjalanan hingga sampai ke kampung halaman, perhatikan apa yang dimakan dan apa yang diminum. Jangan membiarkan anak makan sembarangan karena bisa membuat mereka sakit.

Beri pengertian pada anak agar tidak makan dan minum secara sembarangan. Kalau mereka menurut, momen Lebaran hingga akhirnya kembali ke rumah bisa berjalan dengan lancar. Anak akan selalu sehat sehingga momen liburannya bisa menyenangkan.

  1. Beri multivitamin secara rutin

Selai fisik anak dan orang tua berbeda, daya tahan anak terhadap penyakit juga berbeda. Mereka memiliki daya tahan yang jauh lebih sedikit ketimbang orang tua sehingga rawan sekali sakit karena banyak hal. Anak mudah terkena flu dan batuk kalau mereka dibiarkan saja.

Agar anak tidak mudah sakit dan akhirnya mengalami penurunan aktivitas pada tubuhnya, mereka diwajibkan untuk mengonsumsi multivitamin. Obat atau sirop multivitamin akan mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh sehingga kondisi lemas dan mudah sakit tidak akan terjadi.

  1. Jangan banyak lakukan kegiatan kalau anak masih capai

Lebaran pasti meriah dan bertemu dengan banyak orang. Meski demikian, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dari anak. Jangan membuat mereka terlalu capai dengan berbagai aktivitas yang terlalu padat. Lebih baik membatasi aktivitas agar saat arus balik tiba, Anda bisa melakukan perjalanan dengan lebih lancar.

Anda boleh mengajak anak sesekali untuk main ke saudara. Namun, jangan terlalu memaksakan diri kalau letaknya rumahnya jauh dan sulit dijangkau.

  1. Perhatikan sanitasi

Selalu perhatikan sanitasi atau kebersihan tubuh anak selama berada di kampung halaman. Ajarkan pada anak untuk bisa membersihkan tubuhnya saat mandi, saat makan, atau saat buang air kecil dan besar. Dengan begitu mereka bisa melakukannya dengan mandiri.

Kalau anak yang Anda miliki masih kecil, usahakan untuk selalu mengganti pakaiannya setiap saat kalau kotor dan pampers atau popok. Jangan abaikan kebersihan anak karena mereka mudah sekali sakit.

Mari lebih menjaga kesehatan anak setelah sampai di kampung halaman. Jangan terlalu asyik dengan banyak hal karena kesehatan anak mudah sekali turun kalau sedang kecapaian.