Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menyekita Gigi

DokterSehat.Com – Menyikat gigi, ternyata jauh lebih kompleks ketimbang yang selama ini orang pikirkan. Beberapa faktor seperti gerakan, waktu, serta kebiasaan menyikat gigi ternyata dapat mempengaruhi kesehatan gigi.
Dilansir dari situs Dailymail, melalui wawancara bersama dr Michael Tam seorang dokter gigi yang menjadi langganan para selebriti, diketahui ada beberapa kesalahan dalam menyikat gigi yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang seperti berikut ini :



• Kebiasaan berkumur setelah selesai mengosok gigi
Apakah Anda salah satu orang yang selalu berkumur setelah selesai menggosok gigi ? Dari mayoritas orang yang bisa menggosok gigi, pasti menjawab iya. Tahukah Anda bahwa kegiatan tersebut merupakan kebiasaan salah selama menggosok gigi ? Bila Anda ingin berkumur, maka Anda bisa berkumur setelah 30 menit setelah melakukan sikat gigi. Hal ini dilakukan agar kandungan dalam pasta gigi bisa meresap kedalam gigi, bila langsung berkumur maka akibatnya adalah enzim pasta gigi akan mudah hilang.

• Kebiasaan menggosok gigi setelah selesai makan
Memang benar bila kita harus menyikat gigi setelah makan, namun tidak dianjurkan untuk menggosok gigi setelah selesai makan tanpa ada jarak waktu. Hal ini dikarenakan untuk menyeimbangkan kadar keasaaman gigi yang juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Bila Anda ingin menggosok gigi setelah makan, Anda bisa menunggu hingga 30 menit kemudiandan sikatlah gigi Anda hingga bersih.

• Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras
Bila Adna beranggapan bahwa menyikat gigi dengan tekanan dan kecepatan yang keras bisa membersihkan gigi, maka anggapan Anda salah besar. Justru hal ini bisa merusak lapisan gigi dan gigi Anda akan lebih mudah berlubang. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan sikatlah gigi Anda dengan lembut pula.

• Kebiasaan menyikat gigi sebentar saja
Banyak orang menganggap sikat gigi adalah kegiatan wajib dan harus dilakukan meskipun sebentar. Pada kenyataannya hal ini salah, karena menyikat gigi dalam waktu kurang dari 2 menit justru masih meninggalkan banak kotoran dalam gigi. Ussakan untuk tenang dalam menyikat gigi kemudian lakukan kegiatan tersebut lebih dari 2 menit untuk membersihkan sisa makanan yang masih tersisa.

Baca Juga:  Penyakit Kanker Mulut Akibat Oral Seks

• Suka ngemil
Apakah Anda salah satu orang yang suka dengan kegiatan ngemil ? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kegiatan ini, hanya saja bila Anda terlalu sering ngemil bisa membuat gigi Anda rusak. Gigi akan lebih mudah terkena zat dari makanan, apalagi bila ada zat asam yang bisa membuat gigi keropos.

• Kebiasaan menyikat gigi saat mandi
Ada baiknya bila Anda ingin menggosok gigi yang baik dan benar, sikatlah gigi Anda terlebih dahulu sebelum Anda mandi, jangan sewaktu Anda sedang mandi. Hal ini membuat Anda tidak fokus dan akan terburu-buru dalam menggosok gigi.

• Kebiasaan malas sikta gigi
Adakah diantara kalian yang malas untuk sikat gigi ? Hmm jangan lagi ya teman, karena bila Anda malas sikat gigi, kasihan gigi Anda yang akan dimakan oleh kuman, apalagi dalam gigi masih tersisa bekas makanan yang belum dibersihkan. Karena bila gigi Anda yang sakit, justru Anda sendiri kan yang merasakannya?

• Kebiasaan menggunakan sembarangan sikat gigi
Perlu Anda tahu bahwa setiap orang harus memiliki 1 sikat gigi dan tidak boleh digunakan secara bersamaan, hal ini bisa berakibat pada kuman yang akan menular. Selain itu Anda harus menggunaan sikat gigi yang bertekstur lembut sehingga tidak melukai gigi dan gusi Anda.

• Kebiasaan tidak membersihkan lidah
Memang membersihkan lidah bisa menjadi kegiatan yang kesekian untuk Anda setelah membersihkan gigi, namun membersihkan lidah juga sangat penting karena ada banyak kuman yang biasa tertinggal di lidah sewaktu kita makan.

• Kebiasaan malas mengganti sikat gigi
Hal ini juga yang bahaya untuk kesehatan gigi Anda, jangan sampai Anda menggunakan sikat gigi salama 6 bulan lebih dan tidak diganti. Hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Gantilah sikat Anda 3 bulan sekali seperti yang telah dijelaskan diatas.