Ketahui Kesalahan pada Tidur yang Dapat Merusak Rambut

doktersehat-kesalahan-tidur-merusak-rambut
Photo Credit: Pexels.com/Ivan Obolensky

DokterSehat.Com– Rambut dapat rusak dengan berbagai alasan serta penyebab. Tapi, siapa yang menyangka bahwa tidur pun, menyumbang masalah pada rambut. Tanpa disadari, berikut ini kesalahan pada tidur yang dapat merusak rambut Anda. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ulasannya.

1. Tidur dengan Rambut Basah

Banyak yang lebih memilih mencuci rambut pada sore atau malam hari setelah aktivitas selesai. Tidak ada yang salah dengan itu, yang salah adalah tidur dalam keadaan rambut masih basah. Peyebabnya adalah rambut basah, cenderung lebih rapuh dibanding rambut yang sudah ada dalam kondisi kering, sehingga bila Anda tidur dalam keadaan rambut yang basah, rambut akan mudah sekali rontok dan patah.

Bukan hanya itu, rambut basah, secara langsung bisa membuat bantal Anda menjadi basah. Hal tersebut, bisa menjadi penyebab munculnya infeksi jamur dan kemudian bisa menjadi penyebab hadirnya ketombe.

2. Jangan Gunakan Sarung Bantal Berbahan Katun

Untuk menghindari rambut rontok semakin rontok, ada baiknya mulai mengganti sarung bantal katun Anda dengan bahan sutra atau satin. Kedua bahan tersebut lebih ramah untuk rambut mudah patah dan rapuh dibanding dengan bahan katun. Selain itu, bahan sutra atau satin untuk sarung bantal, bisa membantu rambut menahan minyak alaminya. Ini penting terutama bagi Anda yang memiliki rambut kering atau keriting.

3. Tidak Rutin Mengganti Sarung Bantal

Kebiasaan pada tidur yang dapat merusak rambut Anda selanjutnya adalah tidak rutin mengganti sarung bantal. Atau membiarkannya tidak diganti dalam waktu lama. Seprai dan sarung bantal yang lama tidak diganti dapat menjadi sumber tumpukan minyak, kotoran dan bakteri. Tidur di atas sarung bantal, dapat menyumbat folikel yang membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Ganti sarung bantal dan seprai setidaknya dua minggu sekali, terutama jika rambut Anda tipe yang berminyak.

Bagaimana? Ada di antaranya yang merupakan kebiasaan Anda? Jangan kesampingkan kebiasaan pada tidur yang dapat merusak rambut, demi terjaganya kesehatan rambut Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik