Kesalahan Tentang Minum Air Putih Ini Masih Kerap Kita Lakukan

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih setiap hari setidaknya delapan gelas. Namun, ada kalanya kita meminum air putih dalam saat-saat tertentu dalam jumlah yang cukup banyak, layaknya saat kita sedang merasa sangat haus. Namun, tahukah anda jika kadang kita melakukan kesalahan dalam minum air putih layaknya sebagai berikut?

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

Setelah Berolahraga
Aktivitas berolahraga akan membuat kita banyak mengeluarkan keringat sehingga tubuh pun secara alami akan memberikan sinyal haus yang bisa membuat kita meminum air putih dalam jumlah yang sangat banyak. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan oleh Williams Adams dari University Federal Brasil Juiz de Fora, hal ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Jika kita meminum air putih dalam jumlah yang sangat banyak setelah berolahraga, maka organ hati akan bekerja sangat lambat dan bisa memicu aritmia yang sangat berbahaya. Adams menyarankan kita untuk menunggu nafas kita tidak tersengal-sengal lagi terlebih dahulu dan barulah kita mulai minum air putih. Itupun sebaiknya dilakukan dengan tidak berlebihan karena bisa membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman.

Sebelum Makan
Beberapa orang berpikir jika banyak minum air putih sebelum makan akan membuat mereka tidak makan secara berlebihan. Anggapan ini ternyata sangatlah tidak benar karena yang terjadi adalah lambung terasa sangat penuh dan justru akan membuat perut terasa tidak nyaman. Pakar kesehatan menyebutkan jika minum air putih terlalu banyak sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi kurang lancar. Hal yang sama berlaku jika kita banyak minum air putih saat makan.

Memberikan Air Putih Pada Korban Kecelakaan
Banyak orang yang langsung memberikan segelas air putih pada korban kecelakaan dengan tujuan membuat sang korban menjadi lebih tenang. Padahal, menurut pakar kesehatan, beberapa korban kecelakaan yang mengalami gegar otak sebaiknya tidak diberi makan dan minum apapun. Tak hanya itu, jika korban kecelakaan harus mendapatkan operasi dengan segera, maka biasanya mereka harus berpuasa terlebih dahulu bukan? Dengan memberikan air putih, dikhawatirkan korban bisa muntah-muntah saat dibius dan membuat proses pengobatan menjadi lebih lambat.