Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga Jalan Kaki

kaki-gatal-saat-olahraga-doktersehat
Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Ada banyak cara dan metode yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah berolahraga. Meskipun olahraga merupakan aktivitas yang cukup melelahkan, namun olahraga terbukti efektif mampu membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, olahraga juga bisa membuat tubuh selalu sehat dan bugar.

Olahraga memiliki banyak jenis, mulai dari latihan kardio hingga latihan angkat beban. Akan tetapi, banyak yang lebih memilih melakukan latihan kardio karena dinggao lebih mudah untuk dilakukan, salah satu contohnya adalah berjalan.

Berjalan merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang setiap hari. Bahkan, aktivitas ini kerap dijadikan sebagai olahraga yang ternyata cukup ampuh dalam membantu proses penurunan berat badan.

Namun, ada tiga kesalahan yang mungkin tanpa sadar Anda lakukan saat memilih berjalan sebagai metode olahraga untuk menurunkan berat badan. Ketiga kesalahan ini bisa membuat usaha Anda menjadi sia-sia.  Berikut adalah ketiga kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berjalan dengan Jarak Cukup Jauh

Ketika Anda berjalan dengan jarak tempuh yang terlalu jauh maka hal tersebut bisa diartikan sebagai overstriding yang kemungkinan besar dapat membuat tubuh Anda cepat merasa lelah dan justru sangat berbahaya untuk kesehatan. Sebaiknya, Anda berjalan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, namun dengan kecepatan langkah yang semakin meningkat.

2. Melupakan Fungsi Tangan

Seringkali, saat berjalan Anda hanya menggerakkan kaki saja, sedangkan tangan hanya diam menggelantung di samping tubuh. Hal ini akan mengurangi manfaat berjalan Anda, sebab tangan tidak difungsikan dengan baik. Dengan begitu, otot yang terbentuk hanya pada kaki saja. Untuk itu, ketika berjalan, sebaiknya Anda juga menggerakkan kedua tangan.

3. Melangkah dengan Kaki Datar

Jika selama ini Anda berjalan dengan menapakkan kaki secara datar, mulai sekarang sebaiknya Anda juga memanfaatkan tumit Anda. Berjalanlah dengan menggunakan tumit, agar otot pada kaki bisa terlatih dengan maksimal. Setelah itu, lakukanlah jalan dengan menjinjit agar gerakannya menjadi bervariasi.