Kesalahan Saat Berlari dengan Treadmill Yang Kerap Kita Lakukan

DokterSehat.Com – Berlari di atas treadmill kini menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang mengingat dengan memakai peralatan ini, kita bisa berlari kapan saja tanpa ada gangguan dari cuaca. Berlari dengan treadmill juga bisa memberikan efek yang hampir setara sebagaimana kita melakukan olahraga lari secara normal. Namun, sayangnya, banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat berlari di atas peralatan ini sehingga hasil olahraganya pun tidak maksimal. Apa sajakah kesalahan yang kerap dilakukan saat berlari di atas treadmill?

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Kesalahan pertama yang paling umum saat berlari dengan treadmill adalah dengan berlari tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Menurut ahlit olahraga Tina Haupert, hal ini sangatlah buruk mengingat pemanasan akan sangat penting dalam membuat tubuh lebih siap untuk melakukan olahraga dengan maksimal. Jika kita segera langsung berlari tanpa pemanasan, maka kita akan cenderung kesulitan mendapatkan target kecepatan atau durasi yang diharapkan.

Banyak orang yang menempatkan treadmill di depan televisi dengan harapan mereka tidak akan bosan saat berlari di atas peralatan ini. Sayangnya, Haupert justru berkata jika hal ini akan membuat kita tidak benar-benar fokus saat berlari dan gerakan lari di atas treadmill menjadi tidak optimal. Fokuslah untuk berlari di atas treadmill tanpa adanya gangguan televisi ataupun majalah.

Kita tentu akan bisa menemukan pegangan besi di bagian atas treadmill. Tanpa kita sadari, kita kerap berlari atau berjalan di atas treadmill dengan berpegangan pada pegangan tersebut. Hal ini ternyata bisa membuat kita melambatkan kecepatan sehingga kita pun tidak akan mampu mencapai intensitas olahraga yang optimal. Kita juga seringkali hanya memakai treadmill dengan kecepatan yang konstan tanpa memvariasikannya sama sekali. Padahal, jika kita mau memvariasikan kecepatan berlari kita, kita bisa mendapatkan hasil olahraga yang optimal serta mencegah kita bosan.

Baca Juga:  Growing Pains Pada Anak

Kesalahan terakhir yang kerap kita lakukan saat berlari di atas treadmill adalah dengan langsung melompat turun dari treadmill saat mesin ini masih bergerak. Ada resiko kita akan terpeleset atau bahkan cedera jika kita melakukannya. Matikan terlebih dahulu atau setidaknya perlambat kecepatan treadmill demi mencegah munculnya cedera.