Kesalahan Fatal Dalam Program Diet yang Membuat Anda Gagal

DokterSehat.Com – Anda sedang menjalani program diet namun frustasi karena tidak ada perubahan yang nampak pada angka timbangan? Siapa tahu tanpa Anda sadari telah melakukan beberapa kesalahan dalam program diet Anda.



Berikut ini beberapa kesalahan yang bikin diet gagal :

Tidak memahami makna dari program diet yang sebenarnya

Diet sebetulnya merupakan sebuah program yang dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi tubuh yang sebelumnya tidak normal dan sehat agar kembali berfungsi secara normal dan sehat. Mengenai masalah penurunan berat badan, postur tubuh ideal, langsing, dan lain sebagainya adalah merupakan manifestasi dari program diet.

Jadi, kalau selama ini Anda menganggap bahwa mengalami penurunan berat badan dengan cara apapun yang tidak wajar dan menyehatkan, maka Anda sedang menjalankan program diet yang salah, dan hal itu perlu Anda sadari sebagai salah satu kesalahan fatal dalam program diet yang Anda jalankan.

Berat badan saya bertambah lagi

Saya pernah mendapatkan keluhan dari teman yang mengatakan bahwa dia mengalami kenaikan berat badan kembali setelah mengalami penurunan beberapa waktu ke belakang. Dari kenyataan tersebut, teman saya langsung beralih ke program diet keliru yang hanya menjadikan penurunan berat badan sebagai tujuan utamanya.

Padahal, masalah berat badan itu memang tidak akan selamanya statis. Setiap waktu pasti ada kenaikan dan penurunan. Namun, pada kasusnya memang penurunan akan terasa lebih sulit daripada kenaikan. Oleh karenanya, jika Anda merasa sehat saat menjalankan program diet, maka teruskanlah program tersebut walaupun pada suatu ketika Anda mengalami kenaikan berat badan, karena nantinya juga apabila tubuh Anda bermetabolisme dengan baik, memiliki fungsi dan kinerja yang prima, maka tinggal lakukan sedikit olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang tertimbun dalam tubuh.