Kertas Koran Untuk Membungkus Gorengan Sangatlah Berbahaya

DokterSehat.Com – Gorengan adalah salah satu makanan yang dicari-cari banyak orang di musim penghujan seperti sekarang ini. Gorengan yang renyah dan hangat akan sangat dinikmati di kala hujan yang cenderung dingin. Sayangnya, dibalik rasa lezat gorengan ini, kita tentu sering mendengar bahwa makanan ini kurang baik bagi kesehatan tubuh mengingat adanya kandungan lemak yang sangat tinggi. Selain itu, cara pembungkusan gorengan yang biasanya memakai koran bekas ternyata juga bisa memberikan dampak buruk lain bagi kesehatan.

doktersehat-dagang-makanan-pinggir-jalan

Kertas koran bekas kerap kali dianggap sebagai pilihan yang murah dan mudah bagi penjual gorengan untuk membungkus jualannya. Ukuran kertas koran yang cenderung besar juga akan memudahkan penjualnya untuk membungkus gorengan dalam jumlah yang banyak sehingga tidak akan membuat repot. Sayangnya, jika kita mencermati, kertas koran ini akan sangat mudah menyerap kandungan lemak pada gorengan dan bisa membuat resiko terkena beberapa penyakit berbahaya pun meningkat tajam.

Tanpa kita sadari, kertas koran mengandung tinta yang bisa meleleh dan meresap ke dalam gorengan. Apalagi jika gorengan ini masih dalam kondisi yang panas atau hangat. Anda tentu bisa membayangkan jika tinta yang mengandung bahan kimia berbahaya dikonsumsi bersamaan dengan gorengan yang kita lahap tentu akan memberikan dampak kesehatan yang tidak baik. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika makanan yang terkontaminasi tinta ternyata bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker dengan signifikan.

Selain tinta, kertas koran ternyata juga memiliki kandungan grafit yang bisa meresap ke dalam gorengan yang kita nikmati. Grafit jika sudah masuk ke dalam tubuh cenderung akan sulit untuk didetoksifikasi secara alami dan bahkan tidak bisa dikeluarkan sama sekali dari tubuh. Grafit yang berada dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada organ ginjal dan paru-paru dalam jangka panjang. Kondisi ini bahkan bisa semakin memburuk jika kita termasuk sering mengkonsumsi gorengan yang dibungkus kertas koran.

Baca Juga:  Pepaya, Buah Manis Atasi Sembelit

Kertas koran juga melalui proses yang melibatkan bahan kimia berbahaya agar dapat menjadi kertas yang bisa dibaca dengan nyaman. Jika kita memakai kertas koran sebagai bungkus gorengan, maka bahan kimia pun akan ikut masuk ke dalam organ pencernaan dan akan berimbas buruk pada sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, bahan kimia ini bisa membuat keseimbangan hormon pada tubuh akan terganggu sehingga kesehatan tubuh pun beresiko menurun dengan signifikan.