Kerontokan Rambut Pada Wanita

DokterSehat.Com – Sebagai laki-laki, jika keluarga Anda penuh dengan pria botak, hampir bisa dipastikan bahwa Anda akan mengalami kebotakan juga kelak. Jika Anda seorang wanita, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya, namun beberapa wanita memiliki masalah dengan rambut yang menipis atau bahkan botak dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, dan juga karena usia yang bertambah tua. Rambut rontok bertahap mungkin sekali normal bagi Anda, tapi rambut rontok yang terjadi tiba-tiba bisa menjadi indikasi adanya masalah dengan kesehatan Anda atau mungkin Anda baru saja memperlakukan rambut Anda dengan tidak semestinya dan akhirnya rambut menjadi rontok. Putuskan apa yang terjadi sebelum Anda terlalu panik.



Rambut rontok yang terjadi tiba-tiba bisa terjadi pada wanita yang baru melahirkan. Hal ini karena rambut tumbuh sedikit lebih banyak selama masa kehamilan, dan cenderung sedikit mengalami kerontokan. Banyak wanita yang mengalami rambut rontok di kamar mandi segera setelah melahirkan sampai beberapa minggu setelah melahirkan. Jangan terlalu stres dengan keadaan ini, karena rambut yang rontok itu seharusnya telah rontok sebelumnya, tetapi tetap melekat di kepala Anda saat Anda sedang hamil. Biasanya kita kehilangan rambut sampai 100 helai sehari, dan jika rambut Anda yang rontok tidak sampai 100 lembar sehari tapi kemudian rontok sekaligus dalam satu waktu memang bisa menakutkan. Tetapi hal itu benar-benar normal dan seharusnya tidak akan mengubah tampilan rambut Anda seperti biasanya.

Kerontokan rambut pada wanita yang terjadi tiba-tiba yang bukan disebabkan oleh kehamilan mungkin disebabkan oleh masalah medis. Anda mungkin tidak memperhatikan masalah itu sampai Anda melihat rambut Anda tampak jarang dan kulit kepala Anda terlihat lebih jelas tidak seperti biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa Anda terkena PCOS, yaitu ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi sistem reproduksi. Ada beberapa kondisi medis lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal. Jika Anda yakin tidak ada alasan lain dan kerontokannya terjadi terlalu cepat, pergilah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh untuk mencari penyebabnya.

Baca Juga:  Hati-hati Penularan Penyakit di Pesawat

Untuk beberapa wanita, kerontokan yang terjadi tiba-tiba tidak menjadi masalah serius, setidaknya bukan karena masalah medis. Meskipun begitu, hal ini dapat merupakan pukulan besar untuk ego seseorang. Jika Anda sering mewarnai rambut dan secara rutin mengubah gaya rambut menggunakan alat pemanas, rambut Anda akan rusak, mudah patah dan rontok. Anda tidak boleh menggunakan bahan kimia pada rambut secara terus-menerus karena harus ada jeda waktu untuk melakukannya dan ada batasan tentang berapa sering Anda boleh mengunakan alat pemanas dalam seminggu. Kadang-kadang, rambut sudah tidak bisa dipermak lagi. Jika ini terjadi, anda harus menghentikan semua perlakuan pada rambut dan membiarkan rambut Anda tumbuh secara alami tanpa memberi perlakuan apapun seperti mewarnai atau mengubah gaya rambut. Jika semua sudah dilakukan, kerontokan rambut hanya akan terjadi sementara saja.

Memang rambut rontok tiba-tiba merupakan masalah bagi wanita, tapi hal itu juga dapat menjadi masalah bagi beberapa pria, meskipun secara alamiah laki-laki lebih mungkin mengalami kebotakan karena faktor genetika. Jika Anda seorang pria dan tiba-tiba kehilangan bergumpal-gumpal rambut sekaligus, inilah saatnya bagi Anda untuk pergi ke dokter. Kebotakan yang terjadi pada laki-laki Kebanyakan berjalan dengan sangat lambat dan tidak rontok sekaligus dalam satu waktu. Siapapun, tidak peduli pria atau wanita, harus memberi perhatian jika banyak rambut yang rontok sekaligus dalam satu waktu.