Kerokan Bisa Memberikan Efek Menenangkan Layaknya Mencandu Morfin!

DokterSehat.Com – Salah satu pengobatan tradisional yang masih digemari oleh sebagian masyarakat adalah kerokan. Banyak orang yang merasakan tidak enak badan atau masuk angin akan segera melakukan kerokan agar badannya menjadi fit kembali. Pakar kesehatan sendiri menyebutan jika ada banyak manfaat maupun efek samping dari pengobatan tradisional ini. Namun, dari sebuah penelitian terbaru, diketahui bahwa kerokan ternyata bisa memberikan efek tenang dan menyegarkan layaknya mencandu morfin. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kerokan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari kerokan adalah kemampuannya dalam membuat aliran darah semakin lancar dan membuat nyeri otot dan pegal-pegal mereda. Selain itu, sensasi segar dan lebih tenang diyakini memang setara dengan mencandu morfin. Namun, jangan berpikir bahwa morfin yang membuat candu ini adalah obat-obatan terlarang yang memang tidak baik utuk digunakan. Morfin yang dimaksud adalah morfin yang secara alami diproduksi oleh tubuh kita yang disebut sebagai beta endorfin. Sebagai informasi, beta endorfin ternyata termasuk dalam hormon yang diproduksi oleh jaringan endotel, salah satu jaringan paling dalam pada pembuluh darah.

Saat kita melakukan kerokan, ada tekanan pada tubuh yang ternyata mampu mencapai jaringan endotel tersebut sehingga jaringan tersebut meresponnya dengan memproduksi beta endorfin dengan lebih banyak. Alhasil, tubuh akan mendapatkan sensasi layaknya mendapatkan pijatan; yakni tubuh yang menjadi lebih nyaman, terasa lebih segar, dan kembali bugar.

Karena alasan inilah banyak orang yang mau berulang kali melakukan kerokan meskipun kulit mereka menjadi kemerahan dan saat dikerok juga merasakan sensasi perih. Hanya saja, meskipun bisa memberikan efek tubuh lebih nyaman, fit dan segar, ada baiknya memang kita tidak melakukan kerokan terlalu sering karena tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.