Keringat bisa jadi antibiotik alami tubuh

Doktersehat.com – Tubuh berkeringat terkandang membuat Anda merasa risih dan tidak percaya diri. Namun, tahukah Anda manfaat super dari keringat?



Sebuah riset dari University of Edinburgh, Jerman, menemukan kandungan protein dalam keringat manusia mampu dengan cepat menghancurkan bakteri berbahaya.

Kelenjar keringat akan menghasilkan senyawa alami peptida antimikroba (AMP) untuk dikembangkan menjadi antibiotik bagi tubuh.

Cara kerja antibiotik keringat manusia berbeda dengan kerja antibiotik biasa. Peneliti menjelaskan bahwa antibiotik alami ini akan menyerang dinding sel bakteri sehingga membuat bakteri kesulitan untuk mengembangkan resistensi.

Dalam penelitian yang dilansir oleh Proceedings of the Natural Academy of Sciences ini, peneliti menerangkan bahwa makin banyak Anda berkeringat maka makin banyak pula manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan.

Kelenjar keringat mengandung agen antibiotik yang bekerja cepat dan efektif membunuh bakteri. Oleh karena itu makin berkeringat, tubuh akan makin kuat melawan kuman tuberkulosis dan bakteri berbahaya lainnya. Selain itu, keringat juga mampu menyembuhkan luka goresan atau gigitan nyamuk di tubuh.

Sumber: ghiboo.com