Kereta Klinik Pertama di Indonesia Pecahkan Rekor MURI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) meluncurkan secara resmi klinik di atas kereta atau Rail Clinic. Peluncuran Rail Clinic dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Rail Clinic ini diklaim sebagai fasilitas dan layanan kesehatan pertama yang ada di atas kereta di Indonesia. Pembuatan kereta ini memakan waktu 70 hari.

hqdefault

Tujuan dari keberadaan Rail Clinic ini diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi para pegawai dan masyarakat di sepanjang jalur kereta dan dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah tertentu yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Selain itu Rail Clinic dapat digunakan apabila terdapat keadaan gawat darurat atau suatu bencana.
Rangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 kereta yang masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama. Sebelum dibawa ke pelayanan sekunder dibutuhkan penanganan awal terlebih dahulu untuk menurunkan angka kesakitan. Kereta pertama menyediakan fasilitas untuk pelayanan gawat darurat contohnya bantuan hidup dasar (basic life support seperti CPR), alat monitoring untuk melihat tanda vital pasien, alat shock/kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung (electrocardiography), penanganan pertama kasus trauma, lampu baca hasil rontgen , pemeriksaan gigi dan pemeriksaan laboratorium. Kereta Kedua menyediakan fassilitas pemeriksaan ibu hamil, menyusui, dan bersalin. Selain itu terdapat pula fasilitas pemeriksaan umum dan fasilitas pelayanan farmasi.Fasilitas ini membutuhkan 4 orang dokter dan 10 perawat.

Kereta kesehatan pertama ini direncanakan akan menunaikan tugas pertamanya pada 19 Desember 2015 lalu dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sekitar Stasiun Wojo, Kecamatan Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita demi Mendapatkan Keturunan

Kereta Klinik yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Merupakan kereta kesehatan pertama di Indonesia sekaligus masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) atas klinik kereta pertama di Indonesia. Peluncuran kereta kesehatan atau Rail Clinic ini dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat. Khususnya di bidang kesehatan.

Sumber Gambar: Youtube