Kerap Sakit Kepala? Bisa Jadi Tanda Tumor Otak

DokterSehat.Com– Sakit kepala memang termasuk dalam penyakit yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari. Saat sedang banyak pekerjaan, cuaca yang panas, atau karena penyebab lainnya, sakit kepala ini bisa saja datang. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak sembarangan menganggap remeh sakit kepala karena bisa jadi hal ini adalah tanda dari tumor otak.

doktersehat-stroke-otak-pembuluh-darah

Tumor otak memang bisa menyebabkan sakit kepala akibat dari adanya tekanan yang berlebihan pada struktur tengkorak, pembuluh darah, dan saraf. Hal ini disebabkan oleh tumor yang mendesak berbagai jaringan yang ada dalam tengkorak tersebut. Gejala tumor otak sendiri sebenarnya memang dipengaruhi oleh jenis atau lokasi dimana tumor ini berada sehingga memang tidak selalu bisa menyebabkan sakit kepala. Namun, cukup banyak orang yang mengalami sakit kepala saat tumor sudah memiliki ukuran yang cukup besar.

Pakar kesehatan menyebutkan sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak kerap kali memiliki gejala berupa rasa nyeri yang tumpul namun berdenyut layaknya migrain atau tension type headache. Semakin besar tumor ini, semakin sering pula frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala. Jika kondisi tumor sudah cukup besar dan parah, maka gejala yang dialami bisa berupa kejang-kejang, gangguan pada penglihatan dan pendengaran, kaki dan lengan yang terasa lemah, gangguan suasana hati, menurunnya kemampuan berbicara, penurunan kognitif, hingga penurunan kesadaran saat tumor sudah dalam kondisi yang sangat parah.

Jika anda mengalami sakit kepala dan gejala lainnya seperti yang telah disebutkan di atas. Ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena bisa saja hal ini adalah gejala dari tumor otak. Dengan mendeteksinya sedini mungkin, maka kemungkinan untuk mendapatkan kesembuhan juga lebih besar.