Kerap Mengkonsumsi Minuman Gaul Anak Muda Ini, Putri Tike Priatnakusumah Terkena Diabetes

DokterSehat.Com– Salah satu selebritis yang dikenal luas lewat acara komedi Extravaganza bernama Tike Priatnakusumah memiliki kabar yang cukup menyedihkan. Bagaimana tidak, putri sulungnya yang baru berusia 9 tahun, Latisya Rayya Arifti ternyata didiagnosis terkena Diabetes Melitus setelah sebelumnya sempat keliru didiagnosis terkena infeksi saluran kemih. Sebenarnya, bagaimana bisa anak sekecil itu bisa terkena diabetes?

Photo Credit: Instagram/ Tikeprie

Tike menyebutkan bahwa Ia sebenarnya masih menunggu kepastian dari dokter untuk mengetahui jenis diabetes apa yang menimpa putri sulungnya, apakah diabetes tipe 1 atau tipe 2. Ia pun mengaku cukup sedih dengan kondisi buah hatinya ini.

Pakar kesehatan dr. Aman Pulungan, Sp.A (K) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan bahwa meskipun dianggap sebagai penyakit yang lebih sering menyerang orang tua, anak-anak memang masih memungkinkan untuk terkena diabetes dengan rasio 0,3 per 100 ribu anak setiap tahunnya. Biasanya, anak yang terkena diabetes layaknya Latisya akan mengalami gejala awal berupa kerap buang air kecil dalam sehari atau bahkan sampai mengompol.

Tike menyebutkan bahwa anaknya sangat suka mengkonsumsi gula dengan berlebihan, khususnya dalam mengkonsumsi minuman kemasan atau bahkan melakukan eksperimen dengan susu. Latisya juga sangat suka dengan milkshake. Hal ini ternyata memicu peningkatan kadar gula darah dengan signifikan yang diduga menjadi pemicu diabetes pada tubuhnya.

Untuk mengatasi diabetes yang dideritanya, Latisya pun diminta untuk mendapatkan suntik insulin secara rutin. Sayangnya, suntik insulin juga harus dilakukan seumur hidup demi mencegah komplikasi diabetes.

Tike dan keluarganya pun memutuskan untuk mengubah gaya hidup dan pola makan dengan lebih sehat agar kondisi kesehatan putrinya dan semua anggota keluarganya tetap terjaga.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik