Kerap Mengkonsumsi Makanan Langsung Dari Kulkas, Ibu Hamil Ini Mengalami Keguguran

DokterSehat.Com– Seorang ibu hamil yang dipanggil dengan nama Huang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit luar biasa pada rahimnya. Sebagai informasi, Huang sudah hamil 7 bulan. Dokter pun segera melakukan pemeriksaan kondisi janin di dalam kandungannya. Ternyata, Huang mengalami infeksi bakteri listeria monocytogenes yang membuatnya mengalami keguguran.

doktersehat-lemari-es-fridge-refrigerator

Bakteri yang sangat berbahaya ini bisa ditemukan di sayuran, buah, atau produk susu yang bersuhu dingin, khususnya jika bahan makanan ini sudah terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh ibu hamil yang memiliki daya tahan tubuh rendah, maka bakteri ini akan memicu keguguran atau bahkan meningkatkan resiko terkena kematian. Beberapa jenis masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh bakteri listeria monocytogenes adalah meningitis, keracunan darah, infeksi jantung, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini tidak bisa kita sepelekan begitu saja, bukan?

Huang diduga kerap mengkonsumsi makanan yang disimpan di dalam kulkas dan sudah terpapar oleh bakteri yang berasal dari bahan makanan lain yang memiliki bakteri ini. Setelah dikonsumsi, bakteri ini pun akan berubah menjadi parasit pada bagian usus dan memicu berbagai masalah kesehatan tersebut.

Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas, apalagi makanan yang bisa langsung dikonsumsi dan tidak tertutup dengan baik mengingat ada kemungkinan makanan ini bisa saja sudah terkontaminasi bakteri dari berbagai bahan makanan mentah lainnya. Tak hanya itu, ada baiknya kita selalu membersihkan bahan makanan terlebih dahulu sebelum diolah.

Jika kita ingin mengkonsumsi bahan makanan siap makan di kulkas, ada baiknya kita menghangatkannya terlebih dahulu agar bakteri-bakteri berbahaya pada makanan ini sudah mati sebelum kita konsumsi.