Kerap Mengigau Saat Tidur? Bisa Jadi Karena Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Berbicara saat tidur atau yang kerap disebut sebagai mengigau seringkali dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang benar-benar lelah. Satu hal yang pasti, mereka yang mengigau seringkali tidak menyadarinya hingga akhirnya diberi tahu oleh orang lain setelah bangun tidur. Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan menemukan keterkaitan antara kebiasaan mengigau ini dengan penyakit yang berbahaya.

doktersehat-couple-pasangan-ngorok-tidur

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengigau ternyata termasuk dalam gangguan mimpi yang terjadi saat tidur. Hal ini ternyata terjadi saat fungsi saraf otak sedang mengalami gangguan. Dalam tahapan tidur yang disebut sebagai Rapid Eye Movement (REM), kita bisa mengalami mimpi yang membuat kita berdialog atau melakukan monolog dengan rumit, tidak jelas, atau berupa gumaman saja. Selain itu, mengigau juga kerap kali terjadi saat seseorang sedang mengalami demam, depresi, kurang tidur, hingga mengkonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan tertentu sebelum tidur.

Meskipun penyebabnya belum benar-benar diketahui, pakar kesehatan menduga bahwa mengigau ini terkait dengan penyakit sistem saraf layaknya parkinson. Beberapa gangguan tidur yang cukup serius seperti sleep apnea dan parasomia juga bisa memicu kebiasaan mengigau ini. Bahkan, jurnal Frontiers in Neurology menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa jadi menunjukkan resiko tinggi penyakit demensia.

Mengigau biasanya akan hilang dengan sendirinya saat seseorang mulai mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Namun, jika kita sudah berusaha untuk memperbaiki kebiasaan tidur namun masih saja mengigau, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mencari tahu penyebab pasti dari masalah ini.