Kerap Kita Lakukan, Bagian Tubuh Ini Sebenarnya Tidak Boleh Disentuh Secara Langsung

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak boleh kita sentuh secara langsung karena bisa memicu datangnya masalah kesehatan? Berikut adalah bagian tubuh tersebut.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Wajah
Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang cenderung kerap kita sentuh dengan tangan. Padahal, tangan kita kaya akan kotoran, bakteri, hingga minyak yang bisa membuat pori-pori kulit wajah tersumbat dan memicu datangnya jerawat. Pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu jika ingin menyentuh wajah secara langsung ya?

Mata
Tak hanya wajah, ada baiknya kita tidak menyentuh mata secara langsung, termasuk meskipun hanya saat ingin menguceknya karena terasa gatal. Mata kita sangatlah sensitif sehingga jika sampai kemasukan kuman yang berasal dari tangan kita, bisa jadi akan muncul iritasi atau bahkan goresan pada kornea. Selain itu, kebiasaan menggosok mata juga bisa memicu keriput atau lingkaran hitam yang tentu akan merusak penampilan.

Telinga
Bagian dalam telinga kita cenderung rentan untuk terkena kerusakan jika disentuh secara langsung, khususnya saat kita membersihkannya dengan cotton bud atau benda-benda lainnya. Karena alasan inilah pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita untuk menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Telinga
Jangan terlalu bersemangat dalam mengupil karena bisa membuat hidung kemasukan bakteri atau bahkan terluka. Kombinasi luka dan kabteri ini bisa menyebabkan infeksi yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Pusar
Pakar kesehatan dr. Richardson menyebut pusar sebagai bagian tubuh dengan populasi bakteri yang sangat tinggi. Tak hanya itu, bentuk pusar yang mirip dengan sumur ini membuatnya penuh dengan kotoran dan bau yang menyengat. Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan membersihkan pusar dengan jari kita karena bisa memicu luka atau infeksi.