Kerap Kita Gunakan, Benda Ini Ternyata Lebih Berbahaya Dari 50 Batang Rokok!

DokterSehat.Com– Obat nyamuk bakar masih menjadi benda yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat tanah air. Tak hanya berharga murah, kemampuan obat nyamuk bakar yang cukup ampuh dalam membunuh nyamuk penyebab penyakit membuat banyak orang yang tetap menggunakannya. Yang menjadi masalah adalah, meskipun memiliki bau yang harum, obat nyamuk bakar ternyata sangat berbahaya. Bagaimana tidak, menurut US National Institute of Health, disebutkan bahwa asap hasil pembakaran satu buah obat nyamuk bakar ternyata setara dengan asap dari 50-130 batang rokok!



Jika kita membakar satu buah obat nyamuk bakar, maka kita bisa menggunakannya hingga sekitar 8 jam. Yang menjadi masalah adalah, kita kerap kali menggunakannya di dalam rumah di malam hari dimana pintu dan jendela sudah ditutup sehingga sirkulasi udara pun tidak akan berjalan dengan baik.  Udara rumah yang dipenuhi asap dari obat nyamuk bakar inilah yang akhirnya bisa memicu datangnya masalah kesehatan yang berbahaya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh US National Institute of Health, disebutkan bahwa partikel kecil hasil pembakaran obat nyamuk bakar lebih berbahaya daripada 50 batang rokok. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika asap rokok bisa memicu datangnya penyakit berbahaya layaknya gangguan pernafasan, kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Jika di rumah terdapat anak-anak, efek buruk dari obat nyamuk bakar bahkan bisa menjadi semakin parah. Bagaimana tidak, sistem pernafasan anak yang masih berkembang namun terpapar bahan kimia dan polusi dari asap rokok bisa memicu datangnya penyakit berbahaya. Bahkan, jika kita memakai obat nyamuk elektrik, tetap saja anak akan beresiko mengalami gangguan pernafasan, iritasi mata, hingga alergi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak menggunakan obat nyamuk bakar dengan sembarangan.