Kerap Jajan di Kaki Lima Bisa Menyebabkan Kanker?

DokterSehat.Com– Meskipun kerap dianggap sebagai tempat makan yang kurang higienis, tetap saja banyak orang yang memilih untuk jajan di kaki lima. Bahkan, ada yang menyebut jajanan kaki lima memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat meskipun harganya tergolong sangat terjangkau. Sayangnya, ada yang menyebutkan bahwa kerap jajan di kaki lima bisa memicu datangnya penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan dr. Stefanus Widananta menyebutkan bahwa jajanan kaki lima memang memiliki rasa yang enak, berharga murah, dan mengenyangkan. Gorengan misalnya, pasti akan banyak orang yang mencarinya sebagai camilan saat suhu udara cenderung lebih rendah di musim hujan seperti sekarang ini. Sayangnya, kerap mengkonsumsi jajanan kaki lima memang bisa memberikan kesehatan bagi kesehatan. Untuk jangka pendek, tubuh bisa saja mengalami infeksi. Namun, untuk jangka panjang, bisa jadi kebiasaan ini bisa memicu datangnya kanker.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang suka mengkonsumsi jajanan kaki lima seperti gorengan tahu tempe, makanan yang digoreng di dalam minyak yang dipakai berulang kali, atau bahkan makanan yang memakai bahan kimia berbahaya yang seringkali tidak disadari, akan mengalami gangguan pada kinerja sel-sel dalam tubuhnya dan akhirnya memang bisa memicu datangnya kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi jajanan, khususnya yang berlokasi di kaki lima. Jikalau kita memang ingin membelinya, pastikan bahwa jajanan tersebut higienis dan terbuat dari bahan yang aman untuk kita konsumsi dan tidak memakai kandungan bahan kimia berbahaya.

Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu sering membeli jajanan kaki lima sehingga kita pun bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker.