Kerap Duduk Dalam Waktu yang Lama Memang Mampu Membuat Pantat Tepos

DokterSehat.Com – Banyak orang yang percaya jika kebiasaan duduk dalam waktu yang lama bisa berimbas buruk bagi kondisi atau bentuk pantat kita, yakni dengan membuatnya menjadi lebih tepos atau makin lebar. Menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata memang benar adanya. Bagaimanakah duduk dalam waktu yang lama bisa membuat perubahan pada bentuk pantat tersebut?

doktersehat-sakit-pinggang-punggung-kerja-hernia-kerja-duduk

Pakar kesehatan yang berasal dari New York bernama Dan Giordano, berkata bahwa duduk dalam waktu yang lama kini telah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh cukup banyak orang di seluruh dunia, khususnya mereka yang bekerja di perkantoran dari pagi hingga sore atau malam hari. Dengan duduk dalam waktu yang lama, maka pantat pun mengalami tekanan yang konstan dalam waktu yang juga sangat lama. Tekanan yang konstan ini ternyata bisa meningkatkan timbunan lemak dan membuat pantat menjadi semakin lebar. Selain itu, kerap berada dalam posisi duduk akan membuat aliran darah pada area pantat menjadi tidak lancar. Jika kita kerap melakukannya, maka pantat pun akan menjadi tepos karena kehilangan massa ototnya.

Menurut Giordano, kita harus kerap-kerap berdiri di antara waktu duduk yang panjang ini dan jika bisa, lakukanlah peregangan. Meskipun hanya 30 detik saja, namun hal ini bisa membantu postur tubuh kita membaik sekaligus mencegah pantat menjadi lebih melebar atau tepos. Pantat yang tepos dan lebar bisa merusak penampilan kita sekaligus membuat resiko terkena cedera menjadi lebih besar. Bagaimana tidak, bokong kehilangan kekuatan otot dan bentuknya untuk menopang berat berat badan.

Tak hanya kerap menyempatkan diri untuk berdiri, Giordano juga menyarankan kita untuk menggunakan standing desk atau meja kerja tanpa tempat duduk. Banyak masyarakat di negara-negara Skandinavia yang menggunakan standing desk ini saat bekerja dan mereka disebut-sebut berada dalam kondisi yang sangat sehat dan berbahagia di dunia.