Kerap Dipakai Untuk Merawat Kulit, Bahan Alami ini Ternyata Tidak Baik Bagi Wajah

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kecantikan kulit, khususnya kulit wajah, cukup banyak wanita yang memakai berbagai bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Biasanya, mereka akan memakai pedoman dari artikel atau video yang berlabel Do It Yourself (DIY) dari internet untuk menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ternyata ada beberapa bahan alami yang sebaiknya tidak digunakan untuk merawat kulit, khususnya kulit wajah, karena bisa memberikan dampak buruk. Apa sajakah bahan alami tersebut?

doktersehat-perawatan-wajah-masker-muka

Perasan lemon
Pakar kesehatan di bidang dermatologi bernama Mona Gohara, M.D., Dari Danbury, Amerika Serikat menyebutkan jika air perasan lemon ternyata sebaiknya tidak dipakai untuk merawat kulit wajah karena sifatnya yang asam dan bisa mengubah kadar pH kulit. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kulit akan mengalami masalah seperti kemerahan, iritasi, atau bahkan rusak.

Soda kue
Soda kue atau baking soda disebut-sebut bisa membuat kulit wajah menjadi cerah secara alami sehingga banyak wanita menggunakannya sebagai masker. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa soda kue ternyata berbahaya bagi kulit wajah karena kemampuannya dalam mengubah kadar pH, mengikis lapisan kulit, hingga membuat kuman dan bakteri lebih mudah memasuki pori-pori kulit.

Telur mentah
Telur mentah termasuk dalam bahan alami yang sangat sering dipakai sebagai masker majah, khususnya masker berjenis peeling off. Sayangnya, telur yang masih mentah ternyata memiliki kandungan bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Dikhawatirkan, jika kita mengoleskan telur mentah ini dekat dengan mulut, maka bakteri berbahaya ini akan masuk ke dalam mulut dan akhirnya bisa memicu berbagai penyakit berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi memakai bahan-bahan alami tersebut dan memilih bahan lain yang lebih aman untuk merawat kulit wajah kita.