Kerap Dilakukan Setelah Olahraga Lari, Hal Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam olahraga yang cukup menyenangkan untuk dilakukan, berlari sebenarnya termasuk dalam latihan fisik yang cukup berat. Karena alasan inilah olahraga ini bisa menurunkan berat badan secara efektif. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak melakukan beberapa hal berikut ini setelah berolahraga lari karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

doktersehat-olahraga-lari-jogging-sehat

Duduk terlalu lama
Banyak orang yang mengaku kelelahan setelah berolahraga lari sehingga akhirnya duduk-duduk dalam waktu yang lama. Bukannya akan membuat tubuh menjadi pulih, hal ini sebenarnya akan membuat tubuh tidak lagi kunjung mendapatkan energinya kembali dan kita pun akan merasa lesu setelahnya. Cobalah untuk berjalan kaki dengan santai dan membersihkan badan setelah berlari. Setelahnya, barulah kita bisa beristirahat.

Tidak segera mandi
Meskipun olahraga lari bisa membuat tubuh banyak memproduksi keringat, banyak orang yang memilih untuk mencari sarapan pagi atau mengobrol bersama dengan orang lain setelahnya, bukannya membersihkan badan. Keringat ini jika tercampur dengan kuman dan bakteri bisa memicu iritasi pada kulit. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan bahwa jika keringat ini sampai mengering dan kita tidak segera membersihkan badan, resiko untuk terkena virus penyebab penyakit bisa meningkat.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat
Setelah berolahraga pagi, kita justru memilih untuk makan sarapan yang kaya kalori layaknya soto atau bahkan mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini akan membuat pembakaran kalori saat berlari menjadi percuma dan akhirnya justru membuat berat badan naik.

Tidak minum dengan cukup
Banyak cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga lari. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera minum air putih setelah melakukannya. Jika kita tidak mengkonsumsi air dengan cukup, maka dikhawatirkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan kesulitan untuk melakukan proses detoksifikasi racun sekaligus menjalankan berbagai sistem yang ada di dalamnya.