Kerap Dilakukan, Kesalahan Saat Memasak ini Justru Membuat Makanan Menjadi Kurang Sehat

Photo Credit: Leo Hidalgo

DokterSehat.Com– Tak hanya membuat makanan menjadi lebih enak, memasaknya juga akan membunuh berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sayangnya, kadangkala kita justru memasak dengan cara yang tidak tepat sehingga bahan makanan yang sebenarnya sehat berubah menjadi makanan yang kurang sehat bagi tubuh kita. Kesalahan apa sajakah yang kerap kita lakukan saat memasak?

Memakai minyak terlalu banyak
Minyak memang bisa membantu kita menghasilkan masakan dengan rasa yang enak. Tak hanya digoreng, kita juga bisa menumis makanan dengan memakai bahan ini. Sayangnya, seringkali kita memakai minyak dengan jumlah yang terlalu banyak sehingga makanan yang kita konsumsi pun akhirnya kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Menambahkan garam terlalu banyak
Garam memang bisa membuat masakan menjadi lebih gurih. Sayangnya, memberikan garam dalam jumlah yang terlalu banyak pada masakan akan membuat kita mengkonsumsi terlalu banyak sodium. Alhasil, tubuh akan mengalami retensi cairan dan lebih beresiko terkena masalah tekanan darah tinggi.

Memasak sayur terlalu lama
Memasak sayuran tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena jika dilakukan dengan terlalu lama, maka berbagai nutrisi sehat seperti vitamin dan mineral justru bisa berkurang drastis. Tak hanya kehilangan nutrisi, memasak sayuran terlalu lama juga bisa membuat sayuran kurang nikmat untuk dikonsumsi.

Sayuran disiapkan terlalu awal
Cukup banyak orang yang menyiapkan sayuran di awal karena tidak ingin kerepotan saat memasak. Sayangnya, sayuran yang sudah dipotong ini akan terkontaminasi udara terlalu banyak sehingga akhirnya kehilangan kesegarannya.

Melihat adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi melakukan kesalahan dalam memasak tersebut agar makanan yang dikonsumsi bisa dipastikan sehat dan berkualitas.