Kerap Dilakukan Dengan Cara yang Salah, Kebiasaan Sehat Ini Justru Bisa Berbahaya

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang dianggap sehat namun justru dilakukan dengan cara yang salah sehingga bisa memberikan kerugian bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Frekuensi menyikat gigi
Kebanyakan orang akan menyikat giginya di pagi dan sore bersamaan dengan saat mandi. Padahal, kita sebaiknya membersihkan gigi sebelum tidur demi mencegah penumpukan plak, karang gigi, atau masalah gigi berlubang. Selain itu, jika kita terlalu sering menyikat gigi, pakar kesehatan Jeffrey Cole, DDS, dari Academy of General Dentistry justru menganggapnya hanya akan membuat enamel gigi terkikis.

Langsung minum obat saat demam
Demam akan membuat badan tidak karuan dan suhu tubuh meningkat. Kebanyakan orang akan segera mencari obat penurun panas untuk mengatasinya. Padahal, tubuh yang sedang demam atau menggigil sebenarnya adalah cara alami tubuh untuk melawan infeksi. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk menarik selimut dan beristirahat dengan lebih banyak. Jika demam tak kunjung turun dan tetap tinggi, barulah kita memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Malas menutup luka
Banyak orang yang sengaja membiarkan lukanya terbuka begitu saja dengan tujuan agar lebih cepat kering. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, membiarkan luka terbuka akan bisa memicu peradangan atau infeksi. Tak hanya itu, waktu pemulihan justru akan berlangsung lebih lama dan potensi munculnya jaringan parut juga akan meningkat. Pakailah perban setelah luka dicuci dengan air bersih demi membantu proses penyembuhannya.

Minum obat pereda nyeri saat mengalami nyeri punggung
Saat nyeri punggung datang, kebanyakan orang hanya akan mengkonsumsi obat pereda nyeri, mengompresnya, dan kemudian melanjutkan aktifitas harian. Padahal, hal ini tidak akan memberikan pengaruh besar pada nyeri punggung. Tetaplah bergerak seperti biasa karena hal ini bisa membantu pemulihannya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik