Kerap Dianggap Sehat, Kebiasaan Ini Justru Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Dibandingkan dengan kaum pria, kaum hawa cenderung lebih baik dalam menjaga gaya hidup sehat. Tak percaya? Kenaikan berat badan sedikit saja bisa membuat wanita panik sementara bagi pria hal ini cenderung disikapi dengan santai saja. Sayangnya, beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan kaum hawa yang seringkali dianggap sehat ini justru kurang baik bagi kesehatan. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

doktersehat-wanita-makan-salad-sayur-buah-tulang-gigi

Minum obat dengan minuman selain air putih
Banyak orang yang minum obat dengan teh atau jus jeruk karena tidak ingin merasakan pahitnya obat. Padahal, hal ini akan berpengaruh pada kinerja obat dalam mengobati penyakit.

Terlalu sering makan salad
Pakar kesehatan gizi bernama Lalila Lewis menyebutkan bahwa banyak orang yang kerap makan salad karena dianggap sebagai makanan yang sehat dan mampu menjaga berat badan. Padahal, salad juga kaya akan kandungan kalori atau lemak dari tambahan seperti keju, krim, dan bahan lainnya.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa hanya 6 jenis dari 270 jenis salad yang dijual di pasaran yang bisa dianggap sebagai sehat. Untuk mensiasatinya, kita bisa meminta saus salad ditempatkan dengan terpisah saat membeli makanan ini.
Selalu mengkonsumsi makanan rendah lemak

Karena tidak ingin gemuk atau yakin jika semua jenis lemak tidak sehat bagi tubuh, maka kita memilih makanan yang rendah lemak. Yang tidak disangka adalah, cukup banyak makanan berlabel rendah lemak yang ternyata memiliki kandungan gula tambahan. Hal ini bisa memicu pelepasan insulin yang akan membuat kadar gula darah turun dan akhirnya membuat kita sering merasa lapar sehingga akan makan dengan berlebihan.

Pakar gizi Zoe Harcombe menyarankan kita untuk tetap makan dengan kadar gizi yang seimbang demi menjaga kesehatan dan berat badan.

Baca Juga:  Apakah Tidak Apa-Apa Jika Darah Menstruasi Berwarna Pink?

Malas minum susu
Banyak orang yang memilih untuk tidak minum susu karena menganggap asupan kalsium hariannya sudah cukup banyak. Padahal, minum susu saja masih dianggap kurang untuk mencegah datangnya osteoporosis, apalagi jika kita tidak mengkonsumsinya sama sekali.