Kerap Buang Air Kecil Pertanda Tubuh Tidak Sehat?

DokterSehat.Com– Pernahkah anda menghitung seberapa sering anda buang air kecil setiap harinya? Kebanyakan orang tidak begitu mempedulikannya dan berpikir jika asalkan urine tidak memiliki warna yang aneh, maka tubuhnya berada dalam kondisi sehat. Selain itu, kerap buang air kecil juga disebut-sebut baik bagi kesehatan tubuh karena membuat kandung kemih berada dalam kondisi kosong sehingga tidak mudah mengalami kerusakan.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa normalnya, kandung kemih yang ada pada tubuh orang dewasa bisa menampung urine maksimal sebanyak 2 gelas. Jumlah ini tentu tidak terlalu banyak sehingga sebaiknya kita segera membuang urine ini dan tidak menahan buang air kecil terkecuali jika memang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Dalam sehari-semalam, kita bisa buang air kecil sebanyak 4 hingga 10 kali meskipun terkadang kita masih bisa menahan air kencing selama 3 hingga 5 jam. Jika frekuensi buang air kecil kita lebih dari 10 kali dalam sehari atau lebih dari 5 saat di malam hari saja, ada baiknya kita mewaspadai adanya masalah kesehatan tertentu.

Tak hanya frekuensi buang air kecil, rasa sakit yang muncul saat buang air kecil juga sebaiknya kita perhatikan karena bisa jadi menandakan adanya masalah pada saluran kencing seperti infeksi saluran kencing yang dipicu oleh bakteri pada bagian tubuh tersebut.

Kita juga sebaiknya mewaspadai gejala kesulitan untuk menahan buang air kecil karena hal ini bisa jadi menandakan adanya masalah inkontinensia urine yang harus segera diatasi dengan pertolongan medis.