Kerap Berbaring Sambil Bermain Ponsel, Pria Ini Lumpuh

DokterSehat.Com– Gadget seperti ponsel telah menjadi benda yang sangat sulit untuk dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia. Banyak orang yang bahkan bisa memainkan ponselnya berjam-jam lamanya tanpa merasa bosan. Jika kita termasuk dalam orang yang terbiasa berbaring atau tiduran sambil bermain ponsel dalam waktu yang lama, kasus yang menimpa seorang pria dari Tiongkok ini mungkin akan menyadarkan kita tentang bahaya memakai ponsel berlebihan. Bagaimana tidak, gara-gara kebiasaannya ini, pria yang dipanggil dengan nama Wang ini lumpuh!

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Wang yang berusia 40 tahun dan berasal dari kota Chengdu ini sebenarnya melakukan hal yang dilakukan banyak orang, yakni bersantai di tempat tidur sembari berbaring dan memainkan ponselnya setelah seharian bekerja karena ingin mengecek media sosial atau melakukan chatting dengan teman-temannya. Sayangnya, Ia bisa melakukannya hingga 2 atau 3 jam lamanya. Suatu hari, Ia merasakan ada yang aneh pada tubuhnya dimana bagian dada ke bawah tubuh tidak lagi mampu merasakan apa-apa. Ia pun kemudian meminta bantuan keluarganya untuk mengantarkannya ke rumah sakit.

Di rumah sakit inilah dokter akhirnya Wang didiagnosis terkena penyakit bernama Spondylosis Serviks. Penyakit ini memicu penyempitan ruang pada tulang belakangnya, tepatnya di bagian leher. Padahal, ruangan ini sangat penting bagi sumsum tulang belakang dan akar saraf yang berperan besar pada gerakan dan berbagai sistem yang ada pada tubuh.

Biasanya, hal ini terjadi pada orang lanjut usia. Namun, gara-gara kebiasaan yang dilakukan oleh Wang dimana setelah lelah bekerja Ia justru masih kerap membungkukkan lehernya demi melihat ponsel, maka kondisi lumpuh ini juga terjadi padanya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang tidak lagi berlebihan memakai ponsel dan beristirahat saat sudah merasa lelah.