Keramas Setiap Hari Sangat Tidak Baik Bagi Kesehatan Rambut

DokterSehat.Com – Aktivitas sehari-hari yang sangat padat kerap kali membuat rambut kita menjadi terasa gerah atau bahkan terasa kotor. Kondisi rambut yang gerah ini membuat kita menjadi ingin melakukan keramas setiap hari, khususnya di sore atau malam hari setelah pulang di rumah. Memang, rambut dan kepala bisa terasa lebih segar dan bersih sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman untuk beristirahat. Sayangnya, jika kita melakukan keramas setiap hari, kita justru membuat kesehatan rambut semakin memburuk. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika sehari setelah kita berkeramas, maka rambut akan secara alami dilapisi oleh semacam minyak alami yang membuat rambut menjadi lebih mudah ditata. Andai kita berkeramas setiap hari, maka ada kemungkinan produksi minyak alami akan terganggu sehingga rambut pun akan beresiko menjadi lebih kering, lebih lepek, dan sulit untuk ditata.

Memang, dengan berkeramas setiap hari, kita akan merasakan sensasi segar dan bisa menghilangkan stres dari tempat kita beraktivitas. Sayangnya, berkeramas setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih kering dan kusam mengingat minyak alami dari kulit kepala benar-benar sudah hilang dan tidak melapisi rambut sama sekali. Kita justru akan memiliki masalah baru pada rambut yang bisa membuat kita stress.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mencuci rambut setiap hari jika ingin menjaga kesehatannya. Andaipun kita sangat ingin berkeramas setiap hari karena banyak beraktivitas di lingkungan yang cenderung kotor, maka ada baiknya kita memakai shampoo dengan bahan kimia yang ringan. Selain itu, cobalah melapisi rambut dengan serum yang bisa menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih lembut. Dengan memakai serum atau vitamin rambut ini, maka rambut pun akan mendapatkan nutrisi dan mendapatkan pengganti lapisan minyak alami sehingga tidak akan mudah terkena masalah rambut kering atau kusam.