Keramas Sebaiknya Dilakukan Di Pagi Atau Sore Hari?

DokterSehat.Com – Keramas dengan rutin tentu akan sangat baik bagi kesehatan rambut sehingga kita pun akan tidak memiliki masalah layaknya ketombe, kerontokan, atau bahkan rambut yang patah. Namun, banyak orang yang memiliki pendapat yang berbeda tentang kapankan waktu keramas terbaik yang dilakukan mengingat ada orang yang memilih untuk keramas di pagi hari dengan tujuan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersiap untuk melakukan banyak hal, namun sebagian orang lain justru berkeramas saat sore hari sehingga rambut mereka pun menjadi lebih bersih sebelum beristirahat dengan nyaman. Lantas, sebenarnya kapankah waktu terbaik untuk berkeramas?

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidak semua orang cocok untuk berkeramas di pagi hari atau sore hari. Sebagai contoh, jika kita memiliki rambut dan kulit kepala yang cenderung berminyak, maka keramas di pagi hari akan jauh lebih efektif mengatasi masalah kesehatan ini jika dibandingkan dengan keramas di sore hari. Hal ini dikarenakan produksi minyak pada kulit kepala di malam hari cenderung lebih banyak sehingga dengan berkeramas di pagi hari, maka kita akan membersihkan kandungan minyak berlebihan ini dengan lebih baik.

Keramas di pagi hari juga akan jauh lebih efektif dilakukan bagi mereka yang suka berolahraga pagi. Para pekerja kreatif juga sebaiknya keramas di pagi hari kaerna menurut pakar kesehatan dari Harvard bernama Shelly Carson, keramas di pagi hari akan memberikan efek yang mirip layaknya meditasi sehingga para pekerja kreatif ini bisa menemukan ide-ide cemerlang yang mereka butuhkan.

Keramas di malam hari akan sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah kulit kering dan banyak melakukan pekerjaan yang beresiko membuat rambut menjadi kotor. Dengan melakukan keramas, maka berbagai debu, kotoran, hingga polusi akan dibersihkan dengan baik. Selain itu, pakar kesehatan Christopher Winter dari Martha Jefferson Hospital menyebutkan jika keramas di malam hari akan lebih baik bagi mereka yang mengalami masalah susah tidur karena sensasi segar dan bersih setelah mandi berkeramas bisa memicu keinginan untuk tidur dengan alami dan lebih baik.