Keraguan Mengenai Kehamilan

Pagi Dokter,



Nama saya lina, berumur 30tahun, tanggal awal mens terakhir saya tgl 27 juni, saya behubungan dengan suami saya tgl 5juli, dan berapa hari ini dibagian atas perut terasa perih sprt maag, karena pengalaman 2 anakku sewaktu saya hamil tanpa merasakan seperti apa yg saya rasakan sekarang ,apakah saya sedang hamil atau hanya maag(saya tidak ada maag sblmnya), trus jika saya TP skrg apakah bisa terlihat hasilnya? Terimakasih Sebelumnya

Jawab:


Halo ibu Lina. Disini tidak dicantumkan siklus menstruasi Anda, sulit untuk menentukan masa subur Anda. Masa Subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi, dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan. Bila siklus haid Anda teratur, kehamilan terjadi sekitar hari ke 12-17 terhitung sejak haid hari pertama Anda melakukan hubungan intim dengan sekitar periode hari tersebut.

Untuk perhitungan masa subur bisa dilakukan di website doktersehat.com.

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan perlu diperiksakan. Tanda kehamilan yang pasti adalah telatnya menstruasi dan pemeriksaan hCG (+). Sedangkan, tanda kehamilan tidak pasti yang dialami seseorang dapat bervariasi. Masalah maag Anda, tidak dijelaskan apakah kebiasaan makan Anda teratur atau tidak. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah pada maag Anda, salah satu contohnya telat makan, faktor pikiran, dsb.

Test pack (TP) adalah salah satu alat bantu yang didasarkan pada cara kerja mendeteksi hormon dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Pemeriksaan ini tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan.Sensitifitas TP berbeda-beda, paling dini bisa dideteksi 7 hari setelah terjadi pembuahan. Sebaiknya pemeriksaan TP dilakukan bila
menstruasi telah terlambat datang, setidaknya 2 hari setelah mens terlambat. Namun, hasil yang didapat masih mungkin negatif karena kadar hCG yang masih rendah.

Baca Juga:  Menyusui, Payudara Tetap Indah dan Tetap Sehat

Oleh:

Dr. Marvin Lie
Team DokterSehat.com