Keracunan Makanan Bisa Diawali Dengan Mual-Mual dan Diare

DokterSehat.Com – Setiap hari kita tentu harus memastikan bahwa makananyang kita konsumsi sudah cukup bersih dan aman untuk dikonsumsi. Namun, kadangkalanya makanan yang kita makan justru kurang bersih atau memiliki beberapa kandungan yang kurang cocok bagi kesehatan tubuh kita sehingga membuat tubuh kita keracunan. Saat kita keracunan makanan, gejala pertama yang akan kita rasakan biasanya adalah mual-mual dan diare. Seringkali keracunan makanan juga disertai dengan kram perut yang sangat hebat.

doktersehat-sakit-perut

Beberapa makanan yang kurang bersih akan membawa kuman atau bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan luka pada organ pencernaan layaknya lambung atau usus. Hanya saja, tidak semua bakteri dan kuman ini akan langsung memberikan gejala keracunan makanan dan bahkan beberapa jenis kuman bisa menunggu hingga beberapa hari sebelum memberikan gejala keracunan. Satu hal yang pasti, jika kita sudah mengalami gejala keracunan makanan seperti yang diutarakan di atas dan disertai dengan rasa pusing dan keringat yang luar biasa, maka kita pun harus segera memeriksakan kondisi kita ke dokter terdekat.

Selain karena makanan yang kurang bersih, beberapa jenis makanan ternyata memiliki bahan kimia atau toksin alami yang ikut masuk bersama dengan makanan yang kita makan. Seringkali kasus ini terjadi karena kita tidak pandai memilah bahan makanan yang aman dan tidak aman. Sebagai contoh, bahan jamur atau gadung beberapa kali bisa menjadi bahan makanan yang beracun jika tidak dipilih dengan seksama. Gejala awal dari keracunan makanan ini selain mual-mual dan diare juga bisa mempengaruhi kemampuan melihat dan berbicara. Seringkali penderita keracunan ini juga akan semakin lemas dan otot-ototnya mengalami kelumpuhan. Beberapa kasus keracunan jamur bahkan bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan dan mengalami dehidrasi yang sangat parah.

Baca Juga:  Waspada Schistosomiasis Penyakit Cacing Yang Merenggut Nyawa

Satu hal yang pasti, jangan sepelekan keracunan makanan dan berpikir bahwa dengan buang air besar maka gejala keracunan bisa mereda. Jika gejala-gejala keracunan makanan sudah sangat terasa, segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter untuk penanganan yang tepat dan cepat.