Keputihan

DokterSehat.Com – Keputihan mungkin sudah sering kamu dengar, tapi apakah kamu tahu? Jangan-jangan kamu juga telah terkena! Keputihan di kalangan medis dikenal dengan istilah leukore atau fluor abus, yaitu keluarnya cairan dari vagina. Cairan yang keluar dari vagina ini belum tentu patologis/ abnormal. Vagina dalam keadaan normal atau rileks tidak mengeluarkan cairan.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Untungnya lapisan jaringan vagina mempunyai sistem perlindungan alam yang ampVagiuh ,yaitu keasaman yang lebih tinggi dari jaringan lainnya dan adanya kuman pelindung yang menguntungkan tubuh kita ,yaitu flora doderleins yang hidup menjaga keseimbangan ekosistem vagina, sehingga tetap dalam keadaan keseimbangan.

Tapi sudah tentu keseimbangan ini dapat saja terganggu oleh karena sebab lain, misanya menstruasi, penyakit kencing manis, pemakaian obat-obat hormonal (apalagi di jaman sekarang ini, makanan saja ada hormonnya). Dapat juga karena kelelahan, dan stress sehingga keasaman terganggu dan kuman-kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

Nah, bila infeksi terjadi maka dapat menimbulkan gejala-gejala yang sangat mengganggu, seperti timbulnya rasa gatal , menimbulkan bau yang kurang sedap, keluar cairan yang lengket, dan warna cairan yang tidak seperti biasanya misalnya berwarna kehijauan atau kekuningan.

Pencegahan

  • Hindarilah pakaian dalam yang ketat dan tidak menyerap keringat.
  • Pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari katun.
  • Perhatikan kebersihan daerah intim.
  • Jangan duduk pada toilet umum jika tidak sangat terpaksa.
  • Gantilah pakaian dalam setiap hari.