Keputihan Bisa Pengaruhi Cepat Lambatnya Kehamilan

Doktersehat.com –  Keputihan merupakan masalah yang kerap dialami wanita pada umumnya. Namun, apakah keputihan bisa menyebabkan sulit mendapatkan keturunan?



Pada dasarnya keputihan adalah cairan abnormal yang keluar melalui vagina. Keputihan yang dialami merupakan pertanda adanya radang atau infeksi pada saluran reproduksi.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan keputihan, seperti bakteri, parasit, jamur, bahkan penyakit ganas seperti kanker.

Jika radang atau infeksi berlangsung lama, bisa saja menyebar ke seluruh saluran reproduksi seperti indung telur, saluran telur, leher rahim, dan rahim. Hal ini dapat menyebabkan turunnya kesuburan dan berakibat sulitnya memperoleh keturunan.

Sebaiknya segera tuntaskan pengobatan untuk mengatasi keputihan atau infeksi. Tak hanya itu saja, faktor sperma juga dapat mempengaruhi cepat lambatnya Anda memperoleh keturunan.

Periksakan sperma suami untuk memastikan jumlah dan bentuk sperma yang dapat bergerak lurus cepat. Dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui tingakat kesuburan suami. Bila dibutuhkan pengobatan maka penanganan untuk meningkatkan kesuburan pun bisa segera dilakukan.

Sumber: ghiboo.com