Keputihan Bisa Menjadi Tanda Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sangat tidak diharapkan oleh kaum hawa adalah masalah keputihan. Keputihan yang datang dengan kondisi tidak normal akan bisa memicu kekhawatiran akan adanya penyakit berbahaya pada organ vital dan bisa memicu penurunan percaya diri. Pakar kesehatan justru menyebutkan jika keputihan justru bisa menjadi tanda bagi kaum hawa untuk mengecek apakan tubuh mereka sedang dalam kondisi yang sehat atau tidak. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

doktersehat-kista-kanker-ovarium-Kanker-Amenore-Siklus-Menstruasi-yang-Terhenti

Keputihan bisa menjadi tanda bahwa wanita sedang mengalami fase yang subur sehingga bisa menjadi penentu waktu yang tepat bagi pasangan yang ingin segera hamil. Keputihan yang terlihat bening dan kental layaknya putih telur menandakan indung telur di dalam rahim bersiap untuk melepas sel telur dan keputihan ini adalah hasil dari proses sebelum ovulasi atau pelepasan sel telur tersebut. Selain itu, keputihan juga bisa menjadi penanda bahwa fase menstruasi akan segera tiba. Saat fase ovulasi atau pelepasan sel telur berakhir, maka organ vital wanita cenderung akan mengeluarkan keputihan sekali lagi dengan warna yang lebih putih dan lebih kental. Selama keputihan ini tidak menimbulkan gatal-gatal dan bau menyengat, maka keputihan ini adalah tanda masa menstruasi akan segera tiba.

Selain tanda-tanda kesehatan bagi wanita, keputihan juga bisa menjadi tanda bahaya bagi adanya penyakit pada wanita. Sebagai contoh, keputihan bisa disertai adanya bercak darah yang tentu akan sangat mengkhawatirkan. Padahal bercak darah ini bisa jadi adalah darah sisa menstruasi yang hanya akan muncul sesekali saja. Jika bercak darah ini terus terjadi dan disertai dengan rasa nyeri, maka kita tentu harus melaporkannya ke dokter. Selain itu, keputihan dengan bau menyengat dan warna pekat layaknya kuning atau hijau, maka ini adalah tanda adanya infeksi dalam organ vital wanita sehingga harus segera diperiksakan ke dokter untuk penanganan medis yang tepat.

Baca Juga:  Kebaikan di Balik Pahitnya Pare

Keputihan juga bisa menjadi tanda apakah wanita sedang mengalami stress atau tidak. Pakar kesehatan berkata jika wanita yang cenderung stress atau mengalami suasana hati yang kurang baik akan memiliki keputihan yang sangat kental dan lengket meskipun warnanya masih normal berupa bening atau keputih-putihan saja. Meskipun tidak perlu dikhawatirkan, tetap saja wanita harus pandai-pandai mengelola stressnya agar bisa menjaga kesehatan pikiran dan tubuh dengan lebih baik.