Keputihan Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Wanita

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan wanita yang sangat mengganggu adalah masalah keputihan. Keputihan sendiri dalam dunia medis bisa disebut sebagai flour albus dimana wanita mengalami kondisi adanya cairan yang berlebihan pada vagina. Yang menjadi masalah adalah, kadang kala cairan ini bisa keluar pada vagina sehingga akan sangat membuat tidak nyaman. Keputihan sendiri bisa terjadi akrena faktor normal dan juga karena adanya penyakit atau gangguan pada vagina. Sayangnya, beberapa pakar kesehatan berpendapat bahwa keputihan yang tidak wajar ternyata bisa menjadi masalah fatal jika tidak ditangani dengan benar.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Secara medis, keputihan bisa dibedakan menjadi keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis kerap kali dianggap sebagai keputihan yang normal terjadi pada wanita karena bisa muncul sesuai dengan siklus menstruasi. Keputihan karena faktor normal ini biasanya tidak akan membuat bau yang tidak sedap maupun rasa gatal sehingga tubuh pun tetap terasa cukup nyaman. Berbeda dengan keputihan fisiologis, keputihan patologis bisa disebabkan karena infeksi pada vagina. Infeksi ini bisa berasal dari adanya bakteri atau jamur yang menyerang vagina. Biasanya, keputihan patologis akan memiliki warna khas layaknya susu, hijau kekuningan, atau bahkan disertai dengan darah. Keputihan jenis inilah yang membuat rasa gatal dan bau tidak sedap yang membuat wanita tidak nyaman.

Jika keputihan patologis sering terjadi pada wanita dan tidak ditangani dengan baik, maka bisa jadi keputihan ini adalah tanda-tanda dari kanker leher rahim yang sangat berbahaya dan mematikan. Selain itu, banyak wanita yang melaporkan jika mereka mengalami keputihan yang kronis dan berlangsung hingga bertahun-tahun dan bisa menimbulkan kemandulan.

Untuk menghindari hal ini, kita tentu harus segera memeriksakan kondisi kita jika kita menemukan keputihan yang tidak normal dengan lendir yang cenderung khas layaknya keputihan patologis dan berbau tidak sedap dan disertai denganr asa gatal. Wanita juga harus pandai-pandai membersihkan vagina dengan benar, khususnya jika setelah buang air besar maupun buang air kecil, apalagi jika dilakukan pada toilet umum.