informasi kesehatan


Keputihan : apakah normal ?

Keputihan : apakah normal ?

            

Dokter sehat – Keputihan atau dalam bahasa kedokteran disebut leukore atau flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan secara berlebihan. Dalam keadaan normal, cairan ini tidak sampai keluar, namun belum tentu cairan yang keluar tersebut merupakan suatu penyakit.

Sebenarnya keputihan dapat dibedakan atas gejala keputihan yang timbul. Gejala tersebut bisa diamati dari sifat sifat cairan yang keluar saat keputihan berlangsung. Sumber cairan sendiri bisa berasal dari vagina, cairan leher rahim, cairan uterus, dan cairan yang berasal dari tuba falopii.

Bila cairan yang keluar jernih, berlendir banyak namun tidak berbau maka hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi saat seorang wanita menjelang menstruasi, kelebihan hormon estrogen dan stress. Keputihan seperti ini juga sering dijumpai pada wanita hamil.

Jika cairan yang keluar seperti susu kental, lengket, sangat banyak dengan bau yang tidak begitu mencolok maka kemungkinan telah terjadi radang pada serviks/leher rahim (servisitis) dan vagina (vaginitis).

Cairan yang keluar berwarna coklat, encer seperti air, sangat banyak dan lembab, maka kemungkinan wanita tersebut menderita vaginitis, servisitis, gangguan pembuluh darah pada serviks, endometriosis dan saat pengobatan kanker dengan radiasi. Warna coklat timbul akibat perdarahan yang terjadi akibat kelainan tersebut.

Bila cairan berwarna abu abu dengan garis darah, encer seperti air, sangat banyak dan berbau busuk yang keluar dari vagina, maka kemungkinan wanita tersebut menderita ulkus vagina, vaginitis. Kemungkinan lain yang sangat perlu diwaspadai adalah kanker baik ganas maupun jinak.

Jika cairan yang keluar berwarna merah muda, cair, sangat banyak tetapi tidak berbau maka kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri non spesifik. Gejala ini juga timbul saat seorang wanita kelebihan hormon estrogen.

Bila cairan yang keluar putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan maka kemungkinan wanita tersebut menderita infeksi yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah jamur yang paling sering hinggap di kemaluan seorang wanita.

Bila cairan yang keluar kuning kehijauan, berbusa, merah, sangat banyak, gatal, berbau busuk dan ditemukan nyeri tekan pada sekitar kemaluan serta kemerahan pada vagina, maka kemungkinan telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh kuman protozoa Trichomonas vaginalis.

Terakhir, bila cairan yang keluar berwarna kuning, kental, sangat banyak, terasa panas dan gatal pada kemaluan, nyeri tekan pada daerah sekitar kemaluan, nyeri saat buang air kecil, maka kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe atau lebih beken disebut GO.

Apabila anda menjumpai keputihan yang tidak baik sebagaimana uraian diatas, ada baiknya berkonsultansi dengan dokter terdekat. Keterlambatan pengobatan akan membuat komplikasi. Umumnya adalah kuman yg telah naik ke panggul sehingga terjadi penyakit yang dikenal dengan penyakit radang panggul. Komplikasi jangka panjang ldapat menimbulkan kemandulan akibat rusak dan lengketnya organ organ dalam kemaluan (contoh: tuba fallopii).

Dokter Sehat.com

pf button both Keputihan : apakah normal ?


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

284 Responses to “Keputihan : apakah normal ?”

  1. Ica says:

    Dok sy umur 20 tahun dan udh menikah. Mau nanya. Sy keputihan cairannya kental,biasanya putih kek susu biasa jg agak kekuningan, tdk gatal, berbau tapi tdk menyengat. Kira” cara penyembuhannya gmn dok?
    trims

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila keputihan berbau, berwarna, gatal menandakan adamya infeksi pada saluran reproduksi, namu diperlukan pemeriksaan terlebih dulu seperti Pap smear. Untuk penanganannya tergantung Dari apa penyebabnya. Kami sarankan anda untuk melakukan pemeriksaan dulu ke dokter kandungan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. ecy says:

    Tdk berbau dan tdk gatal dan tdk berwarna dok, tp sangat bnyak. Saking bnyakx meninggalkn berck pada seprei sy,

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila demikian, kami sarankan periksakan ke dokter kandungan atau spesialis kulit Dan kelamin, untuk dilakukan pemeriksaan terhadap lender tersebut Dan diterapi segera. Semoga lekas sembuh. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. susyi says:

    Dok saya berumur 32 tahun,blm menikah. Saya mengalami keputihan pada periode tertentu,sekitar 2minggu setalah haid.keputihan saya bewarna kecoklatan kental menggumpal seperti gel,bahaya kah dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Keputihan Yg berwarna, berbau Dan gatal menandakan adanya infeksi, sebaiknya periksakan segera ke dokter spesialis kandungan Dan kebidanan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Mira says:

    Saya masih berumur 14 tahun.
    Kalo misalkan keluar lendir bening dengan darah , lendir cokelat kental itu kenapa ya? Apa itu normal?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah Sudah berhubungan badan? Kapan keluarnya? Keat dengan siklus mens? Bila belum melakukan hubungan sex, maka tidak Akan bermasalah. Kemungkinan Karena darah mens. Namun bila Sudah berhubungan badan, segera periksakan kedokter kandungan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. ima says:

    dear dok, saya umur 32 tahun.belakangan ini, 4 hari setelah hubungan intim, suami saya sepertinya kencing nanah. dia bilang pada saat kencing terasa sakit dan urine nya panas.dia sudah cek dan sudah normal tetapi lepas itu kita belum pernah hubungan.dan saya perhatikan cairan yang keluar dari vagina saya berwarna kekuningan kental tapi tidak bau2 amat, juga saya tidak ada keluhan sakit saat kencing/gatal sekitar vagina.dan biasanya pun cairan vagina saya normal2 saja dok. kira2 kasus seperti yang saya alami normal gak dok? terima kasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Biasanya pada wanita memang gejalanya tidak nampak jelas seperti laki2. Dan kami sarankan sebaiknya anda juga melakukan pemeriksaan Dan terapi. Selama terapi, jangan Lakukan hubungan sex. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Mila says:

    ,mlm dok sya mila umur 20 tahun
    ,ow ya dok apa seseorang yang sedang mulai” nya hamil muda apa keluar cairan putih kental dan gatal…?
    ,karna sebelumnya saya tdk pernh seprti itu….
    ,#makasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada saat Hamil bisa saja keluar cairan Putih, bila memang gatal sebaiknya diperiksakan ke dokter Karena dikhawatirkan adanya infeksi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. pika says:

    Hay dokter saya mau tanya pas saya buang air besar selalu keluar cair berlendir berwarna putih bening dari vagina tapi 2 hari ini cairnya berwarna coklat dan ada sedikir merahnya, saya udah menikah dan saya udah telat hampir 2 bulan, itu kenaps ya cairnya keluar warna coklat?.makasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda menggunakan kontrasepsi? Kapan terakhir berhubungan badan? Dalam Hal Ini kemungkinannya bisa saja anda Hamil (Kadang keluar flek coklat juga, Lakukan bed rest atau periksakan ke dokter segera), mens, infeksi saluran reproduksi ( keputihan Yg berwarna, berbau Dan gatal). Bila berulang sebaiknya periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Neneng Zubaedah says:

    Saya mau tanya dok 1 taun yang lalu aq keputihan trus d biopsi hasilnya menuju keganasan…6 bln kemudian saya papsmir hasile serviksitis kronis…kemudian 6 bulan lg papsmer lg hasile sama serviksitis kronis lg…1 bulan kemarin papsmer lg hasile normal…tp aq sering keputihan kaya keju n gatel tak obati flagystatin sembuh tdk gatel lg tp ko sering terulang itu kenapa y??? makasih ya dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah ada riwayat berganti2 pasangan? Ada keluhan pada pasangan anda? Sebaiknya lakukan pemeriksaan berdua, baik anda dan pasangan, dikhawatirkan ada infeksi yg terjadi berulang dari pasangan sex. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Neneng Zubaedah says:

        ga pernah ganti pasangan ko dok…berarti klo misal mau periksa aq n pasangan…melakukan pemeriksaane pa n d mana…makasih ya dok atas informasinya

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. afie says:

    dok sya mau tanya kurang lebih sudah 3mnggu in saya sll mengeluarkan kendir berwarna hijau sprt ingus. dan sudah saya periksakan ke bidan saya kata nya normal tapi apabila sampai nanti HPL msh keluar maka nanti bayinya akan belekan.dan kata nya kalau lendir itu tidak bau maka tidak apa2. dan sat ini saya sedang hamil 18w.mohon ifonya ya dok
    trimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kami sarankan and aperiksakan ke dokter spesialis kandungan untuk diperiksa Lagi. Lendir berwarna, berbau, gatal menandakan adanya infeksi. Semoga lekas sembuh. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. SamanthaHumairoh says:

    Dok, sy mau tanya.
    Umur sy menuju 16 tahun. Di vagin mengeluarkan lendir bening yang tidak terlalu banyak tapi kental, lalu ada bintik hitam tapi tidak banyak. Gejala nya sakit perut dan gatal. Itu mengapa ya dok? apakah ada masalah? trims banyak sebelumnya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Sudah menikah atau berhubungan badan? Bila gatal Dan Ada rasa nyeri, sebaiknya diperiksakan WMD okter spesialis kandungan untuk diketahui apa penyebabnya. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. putriee says:

    dokk sya umur 19 thn, sya sdah mnikah..
    sudah 3 bulan ini sya mengalami keputihan,
    wrna keputihannya putih agak kuning kek susu gtu, gatal,bau nya kek amiss gtu dokk..
    hbiss tak obatin pake flagystatin udah agak sembuh dokk, tapi sisa” obat flagystatin itu nempel banyak di dalam vgina sya dokk..
    gmna yaa cara menghilangkan sisa” obat tsb dokk ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      obat biasanya akan terserap habis di mukosa. kemungkinan ialah keputihan. bila masih ada keluhan sebaiknya periksakan kembali ke dokter kandungan atau kulit kelamin. trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. Yhanty says:

    Dok saya umur 19 th ,sudah menikah ,pertamakali hamil waktu usia 2 blan sampe 4 blan sekarang ,,sya klo berhubungan intim selalu nempel di penis suami sya putih“ gumpalan padahal klo berhubungan sperma sellalu di keluarkan di luar,,minta saranya dok trimakasih…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      apakah ada keluhan? Bila anda sedang hamil, kami sarankan untuk memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter kandungan atau bidan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. lusi says:

    Dok dh bbrapa hr sblm mens dn skrg sdh 4 hr mens sya slsay sy mngalmi kputihan awal nya kntal trasa gatal dn brbau tp kini smkin bnyak encer keabu abuan dan brbau pula .berbhayakah mohon pnjlsan nya.trmksh

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Keputihan Yg banyak, berbau, berwarna, Dan gatal menandakan adanya infeksi pada saluran reproduksi, Dan harus diterapi segera. Sebaiknya periksakan langsung ke dokter kandungan atau spesialis kulit Dan kelamin. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. aty says:

    sorry bisa bantu yaaaaaa teman-teman saya sedang berumur 24 thn tapi vs saya sedang gatal pada siang malang dan sering bau gimana cara untuk mengobati tolong yaaaaa saya tunggu jawaban????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kami sarankan segera periksakan.ke dokter krn keputihan gatal, berbau fan berwarna menandakan adanya infeksi. Kami disini tidak.meresepkan obat. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. lita says:

    siang dok, saya lita umur 25thn. sekarang saya sedang hamil 13 minggu. akhir2 ini saya sering keluar cairan lengket seperti air gt…tetapi tidak gatal dan berbau…apakah itu normal dok????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sudah berapa lama? Ada baiknya diperiksakannkendokyer kandungan da, dikhawatirkan cairan ketuban. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. ayu says:

    dok, saya mau tanya. saya berusia 17th, saya mengalami menstruasi pada tanggal 5-11 juli, saya sering mengalami keputihan yang saya baca di artikel itu normal, tapi pada tanggal 24 juli jam 12 malam, saya mengalami keputihan dengan bercak coklat, pada saat bangun sahur jam 3 dini hari bersih tidak ada keputihan sama sekali, tapi di pagi harinya jam 9, keputihan dengan bercak coklat itu ada lagi. apakah itu berbahaya?

    mohon penjelasannya, trimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      apakah gatal dan berbau atau ada keluhan lain? bila ya, segera periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. ninis says:

    dok, saya umur 17 tahun, belum menikah, mau nanya saya seharusnya tanggal 22 juli mens, tapi malah keluar lendir coklat yang banyak dan kadang ada darahnya sedikiit sekali sampe sekarang juga masih seperti itu, itu gimana ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      apakah gal dan berbau? bila ya atau sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. lia says:

    permisi mau tanya saya masih berumur 16 tahun dan seminggu setelah haid mengalami keluarnya cairan coklat dan kental di sertai nyeri perut bagian bawah, itu kenapa ya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sudah menikah atau berhubungan badan?

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • lia says:

        belum dok, dan bulan sebelumnya ketika seminggu setelah haid juga keluar cairan coklat seperti itu, dan jarak haid saya cuma sekitar 2minggu-2 1/2 minggu.
        itu kenapa ya? saya takut dok mohon bantuannya :)

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Kemungkinan penyebabnya ialah masalah hormonal yg sering terjadi di usia remaja.bila berulang segera periksakan ke dokter . Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. yuanita says:

    Dok, mohon bantuannya. Saya keputihan sudah dari smp dan saya cuekin aja, sampe sekarang juga terus keputihan. Tapi dua bulan terakhir ini lendir yg dikeluarkan berwarna hijau, bau tapi tidak gatal. Keluarnya juga banyak banget. Kadang hijau kadang bening. Saya 17thn dan belum berhubungan badan sama siapapun. Apakah pengobatan biasa seperti minum flagystatin atau metronidazol saja sudah cukup? Sebelumnya terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Keputihan : apakah normal ? | Jual Beli Barang Bekas - [...] SUMBER [...]
  2. KEPUTIHAN NORMAL ATAU TIDAK? | PERMATA ILMU JOGJA - […] Sumber:¬†http://doktersehat.com/keputihan-apakah-normal/ […]