Kepribadian Introvert Bisa Berpengaruh Pada Kondisi Kesehatan

DokterSehat.Com – Dalam lingkungan sosial kita, tentu akan sangat mudah untuk menemukan orang-orang yang berkepribadian introvert atau mereka yang cenderung pemalu, lebih diam, dan terkesan antisosial. Selain bisa mempengaruhi kehidupan sosialnya, pakar kesehatan juga menyebutkan jika kepribadian introvert ini juga memiliki kondisi kesehatan yang cukup unik dan berbeda dari orang biasa. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kondisi kesehatan pada mereka yang berjiwa introvert.

doktersehat-autis-autisme

Secara psikologis, orang introvert akan sangat tidak menyukai keramaian dan sangat nyaman jika berada dalam kondisi sendirian. Andai berada dalam sebuah pembicaraan atau kondisi dimana harus mengemukakan pendapat, maka Ia pun akan cenderung menghindar dan justru memilih untuk diabaikan dan jika dipaksa untuk berpendapat justru bisa membuatnya stress. Pakar kesehatan justru menyebutkan jika orang dengan kepribadian introvert justru lebih mudah menetralisir rasa diabaikan oleh orang lain, namun, di sisi lain juga cenderung lebih mudah untuk mengalami depresi. Ia akan cenderung mudah untuk terjebak dalam pikirannya sendiri meskipun secara psikologis, mereka yang introvert justru lebih realistis dengan kehidupan sehingga tidak mudah merasa kecewa.

Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang berjiwa introvert ternyata akan memiliki resiko memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah dari mereka yang berkepribadian terbuka. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh University of Nottingham dan University of California. Mereka yang berkepribadian terbuka akan lebih baik dalam mengembangkan gen semangat berekspresi dan bisa membuat sistem imunitas menjadi lebih kuat. Selain itu, kecenderungan mereka yang berkepribadian terbuka akan lebih sering terpapar bakteri, kuman, virus, kotoran, hingga jamur dari orang-orang yang ditemui sehingga sistem imunnya pun akan berkembang menjadi lebih kuat.

Baca Juga:  Penderita Diabetes Sebaiknya Mewaspadai Luka Pada Kaki

Yang menarik dari mereka yang berkepribadian introvert adalah kemampuannya untuk bisa mendapatkan fokus lebih baik dari mereka yang berkepribadian extrovert. Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang berkepribadian introvert memiliki gairah kortikal yang tinggi pada otaknya sehingga akan jauh lebih baik dalam menahan kantuk dan menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih baik.