Kepalanya Terkena Bola Sepak, Remaja Ini Lumpuh

DokterSehat.Com– Berhati-hatilah saat bermain sepakbola jika tidak ingin bernasib sama layaknya remaja asal Skotlandia ini. Owen Mathieson, remaja berusia 14 tahun dari Caithness harus mengalami lumpuh di satu sisi tubuhnya hanya gara-gara kepalanya terkena bola sepak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Sang ibu, Maria Mathieson, menyebutkan bahwa putranya bermain sebagai kiper saat bermain sepakbola. Saat salah satu temannya menendang bola dari jarak dekat, bola ini mengenai kepalanya dan membuatnya sedikit pusing. Owen masih sempat pulang ke rumah. Namun, Ia mengaku tidak enak badan dan pusing-pusing setelahnya.

Setelah meminum obat penghilang rasa sakit, kondisi Owen mulai membaik hingga seminggu kemudian. Namun, tiba-tiba saja di atas mata kirinya muncul benjolan yang cukup besar saat bangun pagi. Sang ibu pun segera memeriksakan kondisi Owen ke Rumah Sakit Raigmore yang ada di Inverness. Sayangnya, Ia hanya mendapatkan obat penghilang rasa sakit yang sama sekali tidak mempan mengatasi sakit pada kepalanya. Bahkan, tempat tidur Owen basah kuyup karena terus berkeringat.

Melihat kondisinya semakin parah, Owen pun segera dilarikan ke Aberdeen Royal Infirmary. Setelah melakukan tes CT Scan, barulah diketahui bahwa otak Owen mengalami pendarah akibatan benturan yang disebabkan oleh bola sepak seminggu sebelumnya. Ia pun segera dirujuk ke Royal Hospital for Sick Children yang ada di Edinburgh untuk segera dioperasi. Sayangnya, Ia harus merelakan tubuh bagian kanannya lumpuh.

Beruntung, Owen masih bisa menjalani fisioterapi untuk kembali memulihkan pergerakan lengan dan kakinya. Kini, Ia harus melakukan latihan fisioterapi di Rumah Sakit Edinburgh selama 5 pekan dan 3 pekan lainnya di Rumah Sakit Raigmore. Maria berkata bahwa kondisi anaknya jauh lebih baik meskipun terkadang tubuh dan otaknya kelelahan. Hingga setahun ke depan, sang dokter melarang Owen melakukan olahraga atau aktifitas lain yang berat. Penggemar Chelsea inipun harus vakum dari kegiatan bermain sepakbola dengan temannya untuk sementara.