Kentang Ungu Ternyata Bisa Mencegah Kanker

DokterSehat.Com– Tak disangka, kentang ungu yang kerap dijadikan sebagai camilan ini ternyata bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, tepatnya dalam menurunkan resiko terkena kanker usus besar dan gangguan usus berbahaya lainnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-ubi-ungu

Profesor Jairam Vanamala, pakar kesehatan yang berasal dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kentang ungu dan berbagai sayuran berwarna lainnya ternyata kaya akan senyawa bioaktif layaknya asam fenolik dan anthocyanin yang telah terbukti mampu mencegah datangnya kanker. Prof. Vanamala dan timnya menyebutkan bahwa senyawa ini ternyata mampu bekerja hingga tingkat molekuler sehingga dianggap bisa menjadi langkah awal untuk menemukan obat bagi salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemestry ini, disebutkan bahwa makanan yang yang kaya akan nutrisi bernama macronutrien layaknya protein dan mikro atau fitonutrien layaknya vitamin, flavonoid, dan karotenoid, akan mampu mengubah kinerja Il-6 atau mukosa interleukin-6, protein yang bisa memicu penyebaran atau pertumbuhan sel kanker.

Prof. Vanamala menyebutkan bahwa pola makan yang sehat dan dilakukan dengan cara lebih sering mengkonsumsi bahan nabati akan membuat seseorang menurunkan resiko terkena resiko kanker usus besar jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang terbiasa makan daging.

Jika kentang ungu bisa mencegah kanker usus besar, apakah kentang putih yang lebih sering kita konsumsi juga bisa memberikan manfaat yang sama? Prof. Vanamala menyebutkan bahwa meskipun memiliki senyawa sehat, kentang putih tidak memiliki konsentrasi senyawa anti inflamasi serta kandungan antioksidan sebesar yang dimiliki kentang ungu. Hal ini berarti, tetap saja konsumsi kentang ungu dianggap lebih baik.

Baca Juga:  Benarkah Roti dan Kentang Bisa Memicu Kanker?

Jadi, sering-seringlah mengkonsumsi kentang ungu dan makanan sehat lainnya seperti sayuran dan buah demi mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.