Kentang Rebus Yang Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, kentang biasanya menjadi salah satu makanan yang menjadi pilihan utama. Kentang sendiri dianggap sebagai makanan yang mengenyangkan namun tidak berpotensi menambah gemuk badan. Realitanya, kentang memang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup besar sehingga mampu membuat kenyang dalam jangka waktu yang lama. Hanya saja, agar dapat dijadikan makanan diet yang sesuai, kita tentu juga harus memilih kentang rebus alih-alih kentang goreng yang meskipun sangat enak, namun memiliki kandungan lemak yang cenderung cukup tinggi.

doktersehat-kentang-rebus

Karena mengenyangkan, kentang akan sangat bagus bagi anda yang sedang melakukan diet. Anda akan kenyang dalam waktu yang cukup lama namun memiliki energi yang cukup untuk melakukan banyak hal. Kentang rebus sendiri memiliki kandungan kalori yang tinggi. Disamping itu, kentang juga kaya akan vitamin B6 dan juga vitamin C yang tentu saja mampu menjaga kondisi badan tetap fit. Kentang yang kaya serat dan juga akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih mudah mencerna makanan sehingga program diet pun akan berlangsung dengan mudah.

Apakah kentang bisa dijadikan pengganti nasi bagi mereka yang sedang melakukan program diet? Kentang memang kaya nutrisi dan gizi yang baik, apalagi dengan adanya anti oksidan yang membantu tubuh menahan radikal bebas. Disamping itu, kandungan kalori kentang yang cenderung rendah dengan kandungan karbohidrat yang cenderung lebih padat maka kentang dianggap cocok sebagai pengganti nasi. Sayangnya, indeks glikemik dari kentang rebus justru cenderung tinggi, yakni ada pada poin 84, jauh dari indeks glikemik nasi yang hanya 64 saja sehingga resiko peningkatan kadar gula darah justru lebih mudah didapatkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi kentang rebus.

Baca Juga:  Bahan Alami Yang Bisa Membuat Bibir Cantik Merona

Melihat fakta ini, apa yang bisa kita lakukan agar diet dengan kentang rebus tetap bisa dilakukan? Kita bisa melakukan variasi dengan memakan kentang rebus atau nasi secara bergantian. Untuk mengimbangi nutrisi yang dimakan, beberapa sayuran sehat layaknya brokoli bisa dikonsumsi sebagai lauk. Diet dengan kentang rebus yang enak pun bisa kita lakukan demi postur tubuh yan lebih baik.