Kentang, Makanan Bernutrisi Bagi Buah Hati Anda

DokterSehat.Com – Kentang kerap kali dianggap sebagai makanan yang ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kentang bisa memberikan sensasi kenyang yang cukup lama karena makanan ini kaya akan karbohidrat dan serat. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Selain untuk diet, kentang ternyata juga bisa menjadi pilihan makanan yang sehat bagi anak-anak.

pic credit: Jennifer Debnam

Dilansir dari jurnal Advances in Nutrition, jika kita mampu membuat anak menyukai kentang dan membuat mereka mengkonsumsi setidaknya satu buah kentang setiap harinya, maka kita punbisa memenuhi 8 persen nutrisi serat yang dibutuhkan anak setiap harinya. Data Dietery Reference Intake (DRI) bahkan menunjukkan jika angka 8 persen ini sudah sangat ideal dan memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak. Selain serat, kentang yang kaya akan kalium juga bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

Menurut pakar kesehatan, anak yang cukup mendapatkan asupan serat dan kalium akan menjadi lebih sehat dan memiliki perkembangan saluran pencernaan yang sangat baik. Selain itu, tulang anak pun menjadi lebih kuat dan fungsi ototnya akan tetap terjaga dengan baik.

Sayangnya, tidak semua orang tua menyadari jika kentang ternyata cukup penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Mereka berpikir jika asalkan sang anak sudah mengkonsumsi sayuran, maka mereka pun sadah mendapatkan asupan gizi yang cukup. Padahal, sebagian besar sayuran yang dikonsumsi anak-anak ternyata belum bisa memenuhi asupan kalium yang dibutuhkan anak. Selain itu, sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika anak-anak sekolah dasar cenderung menyisakan sayuran dan kentang dari menu makan siangnya karena kurang dibiasakan memakannya oleh orang tua sejak kecil.

Baca Juga:  Agar Tidak Mudah Terkena Dehidrasi Selama Berpuasa

Menurut pakar kesehatan, semenjak usia 7 hingga 10 bulan anak sudah bisa diajari mengkonsumsi kentang dengan bentuk yang lembut sebagai asupan karbohidrat yang bisa menjadikannya sumber energi. Selain itu, kentang juga bisa membuat perkembangan bakteri baik pada usus bayi seihngga ususnya pun akan tetap sehat.