Kentang Hitam Mampu Mencegah Kanker

kentang-hitam-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Michael Mercer

DokterSehat.Com– Kanker menjadi penyakit dengan peringkat atas penyebab kematian di Indonesia maupun dunia. Pengobatan dari segi medis ataupun pencegahan melalui makanan yang mampu mencegah kanker kian banyak diteliti dan dikembangkan. Dari segi makanan sudah ada berbagai jenis makanan yang memiliki efek mencegah kanker melalui kandungan antioksidannya. Kandungan antioksidan pada bahan makanan alami mampu mencegah kanker dengan melawan zat karsinogenik (zat penyebab kanker). Kandungan antioksidan ini kini mulai diteliti pada kentang hitam (Coleus tuberosus).

Kentang hitam masih jarang dikenal oleh banyak orang. Umumnya kentang hitam belum mudah kita peroleh karena produksi kentang biasa masih lebih banyak dari kentang hitam. Namun, manfaat kentang hitam kini mulai diteliti utamanya untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan (phenol dan flavonoid) yang tinggi pada kentang hitam.

Penelitian yang dilakukan di University Tunku Abdul Rahman, Kuala Lumpur, Malaysia menunjukkan hasil bahwa ekstrak umbi kentang hitam yang diolah dengan penambahan pelarut klorofom memiliki senyawa yang berfungsi secara potensial sebagai anti-tumor. Studi lain juga mendukung hasil tersebut, kentang hitam terbukti memiliki senyawa asam ursolat dan asam oleanolat yang mampu menjadi anti-tumor.

Selain itu penelitian untuk mengetahui manfaat ekstrak etanol daging dan kulit kentang hitam terhadap kanker payudara dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta bersama Universitas Gajah Mada. Hasil yang diuji pada hewan menunjukkan bahwa kandungan ekstrak kentang hitam tersebut memiliki fungsi mengurangi stress oksidatif dan menghambat perkembangan sel kanker payudara.

Kentang hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita, penelitian menunjukkan hasil bahwa beberapa kandungan antioksidan dan senyawa asam di kentang hitam dapat berfungsi sebagai pencegah kanker. Dengan semakin banyaknya pilihan bahan makanan yang mampu mencegah kanker, sepertinya kentang hitam dapat menjadi pilihan alternatif bahan makanan baru yang bisa kita coba ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik